Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Ucapan Selamat Idul Fitri 2021 yang Bisa Dibagikan Pada Orang Terkasih

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera berakhir dan moment memberi ragam ucapan selamat Idul Fitri  2021 yang bisa dibagikan pada orang terkasih juga harus segera di persiapkan bukan? Idul Fitri  memang menjadi salah satu moment yang paling di tunggu-tungu oleh seluruh umat Islam yang ada di seluruh penjuru dunia. Hal ini dikarenakan pada hari raya Idul Fitri  merupakan puncak ibadah tertinggi pada umat Islam yang telah menahan hawa nafsu selama satu bulan lamanya.
 
 
Moment ini pun menjadi salah satu moment untuk berkumpul bersama keluarga, orang terkasih dan tentunya rekan sejawat yang di kasihi. Ada banyak persiapan yang biasanya masyarakat muslim Indonesia lakukan menjelang Idul Fitri  seperti menghias rumah, membeli pakaian baru, memasak dan menyiapkan uang sedekah ke sanak keluarga. Tidak lupa moment sakral yang paling banyak menjadi budaya di Indonesia saat hari raya adalah mudik serta pulang kampung.

Namun di saat mungkin waktu tidak bisa mempertemukan sanak keluarga, handai taulan dan rekan kerja maka ucapan Idul Fitri  bisa menjadi pilihan melepas rindu dan permohonan maaf. Oleh sebab itu anda tidak bisa mengucapkan kalimat ucapan selamat Idul Fitri 2021 dengan asal-asalan lho. Nah tanpa berlama-lama, mari simak saja bagaimana sih ucapan hari raya yang baik dan bisa di jadikan referensi itu? Mari simak uraiannya berikut ini!

Moment Menyambut Idul Fitri  yang Perlu Disiapkan

Idul Fitri  merupakan salah satu hari besar di dalam agama Islam yang paling di nantikan perayaannya oleh seluruh umat muslim di dunia. Tentu saja setelah berpuasa selama satu bulan penuh lamanya, menerjang dahaga, hawa nafsu dan kesukaran duniawi maka umat Islam akan menyambut kemenangan di hari Idul Fitri . Hal inilah yang tentu saja membuat hari raya Islam ini menjadi sangat spesial bukan?
Tentu saja selain mempersiapkan ibadah diri yang penuh, seorang umat muslim perlu mempersiapkan kesehatan menjelang perayaan hari raya. Selain kesehatan, bingkisan, waktu luang untuk mudik dan ucapan selamat Idul Fitri  juga perlu lho di perhatikan. Ucapan menyambut hari raya menjadi sangat penting apalagi bagi yang terpisah jarak dengan keluarga atau kerabat dan tidak bisa bertemu di moment hari raya tersebut.

Ragam Ucapan Selamat Idul Fitri  2021

Sesuai penjelasan ringkas di atas, bahwasanya menyambut Idul Fitri  menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, baik dari kesiapan diri soal kesehatan hingga keimanan. Nah bagi yang ingin memberikan ucapan hari raya idul fitru di tahun 2021 bisa lho mencontek beberapa jenis ucapan dibawah ini, seperti apa?
 

Menyampaikan Dalam Bahasa Daerah

Ragam ucapan selamat Idul Fitri 2021 yang pertama bisa anda lakukan dengan menyampaikannya dalam bahasa daerah tertentu. Indonesia terkenal dengan kaya serta luasnya wilayah yang melahirkan kebudayaan serta keragaman bahasa. Anda bisa menyampaikan rasa bahagia di hari raya kepada kerabat atau orang terkasih dengan bahasa daerah asal.

Misalnya saja Bahasa Jawa, Sunda, Melayu atau bahasa lainnya. Penggunaan bahasa daerah akan memberikan efek  mempererat tali silaturahmi sekaligus memperkuat budaya bangsa. Adapun contoh beberapa pengucapannya yang bisa di jadikan contekan di hari raya nanti, sebagai berikut

“Mugi tansah diparingi kesehatan lan kamuliaan ing dinten istimewa niki. Sumangga sami-sami songsong Idul Fitri enggal bungah ati. Riyadi”--Bahasa Jawa

“Wilujeng Idul Fitri. Ti kuring sareng kulawarga nyungkeun hapunten lahir sareng tina manah, mugia berkah ibadah Ramadhan kulawarga.”—Bahasa Sunda
 

Memohon Maaf dengan Santun

Adapun contoh ucapan selamat Idul Fitri  2021 selanjutnya yang bisa anda ucapkan serta berikan kepada sanak keluarga atau orang terkasih selain dengan bahasa daerah juga bisa memberikannya dengan ujaran yang santun. Kesantunan berbahasa sangat di harapkan menjadi salah satu ungkapan kasih kepada orang yang mendapatkan pesan Idul Fitri . Nah berikut ini ada contoh ucapan berbahasa santun yang bisa anda jadikan contoh

“Selamat hari raya 1442 H, semoga di hari yang suci ini kita bisa kembali bersih dan fitri. Saya sekeluarga memohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin pernah di lakukan. Semoga keberkahan mampu selalu menyelimuti keluarga kita semua, aamiin…”
 

Menyampaikan Permohonan Maaf dengan Puitik

Di atas tadi sudah di berikan dua contoh ucapan selamat Idul Fitri  2021 yang bermakna indah lagi sopan untuk penyampaiannya. Nah tapi ada juga lho cara menyampaikan hari raya dengan memohon maaf dengan bahasa yang puitik. Jika anda suka dengan kalimat-kalimat puitik maka bisa coba beberapa contoh berikut.

“.Semoga di hari kemenangan, di hari Idul Fitri  ini seluruh kesalahan sengaja maupun tak sengaja yang saya juga keluarga lakukan bisa termaafkan. Lewat untaian kata ini, kami mohonkan permintaan maaf setulus-tulusnya, Minal Aidzin Wal Faidzin..”

"Hari raya Idul Fitri  sudah di depan mata, demi menyongsong hari baru yang lebih baik, saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang mungkin pernah di perbuat. Semoga luasnya maaf bisa engkau berikan..”

“Di hari nan suci ini, harapan membumbung tinggi ke langit. Segala maaf ku curahkan dan semoga dapat di terima.”

“Ada makna yang tertangkup dalam sebuah hari kemenangan. Ialah keikhlasan dan menjadi sosok yang lebih bijak lagi. Marilah kita songsong hari kemenangan umat Islam ini dengan kebahagian dan rasa syukur yang abadi.”
 

Memohon Maaf Sembari Memberikan Doa Terbaik

Ucapan selamat Idul Fitri  2021 selanjutnya bisa anda berikan sembari menyisipkan doa-doa terbaik.
Berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya yang bisa anda contek dan aplikasikan.

“Di hari suci ini, di hari Idul Fitri  yang indah ini saya lantunkan permohonan maaf atas semua salah dan luka yang pernah diberi. Semoga anda sekeluarga selalu dalam kesehatan, keselamatan, keberkahan, kebaikan dan kesuksesan. Tiada bingkisan terbaik selain doa yang ananda berikan, selamat hari kemenangan 1442 H.”

“Di hari suci Idul Fitri  ini semoga anda sekeluarga senantiasa di beri kesehatan, kebahagiaan, suka cita, panjang umur, kesuksesan dan keberkahan. Aku mendoakanmu dalam kebaikan dan keselamatan selalu. Aamiin.”

“Semoga kesehatan dan keselamatan selalu menyertai seluruh keluarga. Saya pribadi memohon maaf dari lubuk terdalam, doa keberkahan untuk anda selalu.”

Nah itulah beberapa contoh dan uraian mengenai ucapan selamat Idul Fitri  2021 yang ternyata memiliki banyak sekali makna. Moment hari raya yang indah akan semakin terasa lebih khidmat dengan kita senantiasa berbagi suka cita, kebahagiaan dan ucapan selamat menyambut hari bahagia bagi umat Islam ini. Tentu saja selain bersiap dalam memperbaiki ibadah menyambut hari raya, sebagai umat muslim juga harus senantiasa menjaga silaturahmi dengan saling mendoakan dan memberi ucapan, Selamat Hari Raya 2021!

Post a comment for "Ragam Ucapan Selamat Idul Fitri 2021 yang Bisa Dibagikan Pada Orang Terkasih"

Berlangganan via Email