Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Pekerjaan Baru

Tips yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Pekerjaan Baru – Bagi banyak orang, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Baik mereka sudah memiliki pengalaman kerja dan ingin mencari pekerjaan baru yang lebih baik, terlebih bagi mereka yang baru saja lulus kuliah (fresh graduate) yang sama sekali belum memiliki pengalaman berkerja di mana pun.
 

Sementara, untuk membuat usaha diperlukan banyak hal dan tentunya memiliki resiko atau peluang rugi yang setara dengan modal yang dikeluarkan. Itu mengapa banyak orang lebih memilih untuk mencari pekerjaan baru yang lebih baik dibandingkan resign dan membuat bisnis.
 
Namun, untuk mendapatkan pekerjaan baru, penampilan saja tidak cukup ketika Anda melamar pekerjaan. Untuk itu, akan diulas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan baru sebagai berikut:
 

Survei Tentang Perusahaan yang Akan Dilamar 

Sebelum melamar, Anda sebaiknya melakukan riset terhadap perusahaan yang sedang Anda incar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi tentang produk dan layanan, lingkungan kerja, tunjangan dan kisaran gaji, dan berbagai hal lainnya. 
 
Dengan melakukan riset, Anda juga akan mengetahui apakah Anda akan meneruskan niat melamar di sana atau apakah Anda memiliki kualifikasi seperti yang dicari perusahaan tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan baru.
 

Perluas Keterampilan 

Apabila Anda baru memulai karier, maka diperlukan banyak pelatihan agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Anda bisa magang di sebuah perusahaan yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan. 
 

Sesuaikan Resume 

Anda perlu menyesuaikan resume untuk setiap pekerjaan yang dilamar. Pelajari juga bagaimana deskripsi pekerjaan yang dilamar dan tambahkan keterampilan dan pengalaman Anda.
 
Anda bisa menyiapkan surat lamaran dan template resume, dan perhatikan agar pendidikan dan informasi kontak Anda tidak berbeda. Sebaiknya Anda tidak sembarangan menyebar resume ke semua perusahaan tanpa melihat kontennya.
 

Jadwal 

Sebaiknya atur jadwal Anda agar lebih efisien. Anda bisa menentukan berapa jam atau hari apa saja Anda luangkan waktu untuk membangun jaringan atau mencari pekerjaan. Selain itu, pastikan bahwa surat lamaran dan resume Anda sudah diperbarui dari versi sebelumnya. 
 
Anda bisa membuat atau memperbarui profil atau resume Anda pada situs web jaringan professional. Kemudian, buatlah spreadsheet untuk mencatat apa saja pekerjaan yang sudah Anda lamar dan mengikuti wawancara dengan perusahaan terkait agar lebih mudah mencari pekerjaan baru. 
 
Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk membuat akun email professional. Dengan begitu, pesan pencarian kerja Anda akan terorganisir dan terpisah pesan pribadi. Alangkah baiknya Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut sebelum memulai mencari pekerjaan sehingga prosesnya akan lebih cepat.
 

Kenali Tujuan Karier 

Dari semua hal di atas, salah satu hal yang tak kalah penting adalah dengan mengenali jenis karir yang diinginkan. Hal ini sangat penting bagi siapa saja yang ingin berganti karir atau pun yang baru mulai memasuki dunia kerja. 
 
Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari profesor, keluarga, pelatih karier atau pun mantan rekan kerja. Tentukan tujuan yang realistis dan jelas, serta rencana untuk dapat mencapai karir yang Anda inginkan.  Dengan begitu, akan dapat mempersempit pencarian pekerjaan Anda pada posisi yang disukai, serta dapat secara professional membantu karir Anda semakin maju.
 
Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencari pekerjaan baru sehingga akan lebih mudah mencapai karir yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Tips yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Pekerjaan Baru"

Berlangganan via Email