Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wawancara Kerja agar Cepat Direkrut

Tips Wawancara Kerja agar Cepat Direkrut -Pertama kali melamar kerja adalah momen-momen yang menegangkan. Banyak yang khawatir apakah kualifikasinya sesuai atau tidak, lalu muncul pertanyaan tentang apa saja yang akan ditanyakan ketika interview. Dari situ, orang-orang akan mencari tips agar wawancara kerjanya berhasil. 
 
 
Wawancara yang baik tergantung dari kemampuan Anda mempersiapkan diri dengan efektif. Jika hal itu telah Anda penuhi, maka bisa menunjukkan antusiasme dan ketertarikan Anda kepada perusahaan. Yang terpenting adalah dapat membantumu Anda meningkatkan kepercayaan diri meski merasa sedang di bawah tekanan.
 
Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat wawancara kerja agar berhasil dan direkrut:
 

Riset Kultur Perusahaan

Ketika ‘kultur’ telah menjadi sebuah jargon profesional, kata ini merupakan sebuah bagian penting dari kehidupan profesional modern. Terkadang malah menjadi sebuah cara bagi pewawancara untuk memilih kandidat.
 
Anda bisa melihat statemen misi perusahaan, apa yang ditawarkan untuk calon pekerja di halaman ‘karier’ mereka, atau melalui akun Twitter dari mantan pekerjanya sehingga dapat mengetahui bagaimana kultur di perusahaan yang Anda incar.

Memahami Profil Perusahaan

Tips wawancara kerja berikutnya adalah mencari tahu profil perusahaan. Proses wawancara kerja tak hanya meliputi penilaian tentang bagaimana kecocokan Anda terhadap perusahaan, melainkan juga menguji pengetahuan Anda terkait profil perusahaan.
Oleh karena itu, persiapan wawancara kerja yang pertama merupakan Anda harus mencari lebih banyak mengenai profil dan kabar terkini mengenai perusahaan melalui situs pencari maujuga teman.

Beberapa informasi yang mesti Anda dapatkan di antaranya merupakan latar belakang, misi perusahaan, produk dan jasa serta press release tentang perkembangan perusahaan. Dalam proses wawancara, Anda juga bisa menanyakan hal-hal terkait informasi yang Anda dapatkan mengenai perusahaan tersebut.

Riset Pewawancara

Anda perlu mengetahui siapa yang akan mewawancarai Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencari tahu bagaimana pewawancara akan bertanya dan hal apa yang dia inginkan. Hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam melakukan wawancara dengan baik dan lebih mudah untuk mendapatkan wawancara yang sukses.


Buat Catatan Singkat Mengenai Pengalaman dan Latar Belakang

Tips wawancara kerja berikutnya adalah dengan membuat catatan singkat terkait pengalaman dan latar belakang Anda. Ketika wawancara kerja, orang yang mewawancari Anda tentu akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait hal tersebut. Agar persiapan wawancara kerja lebih matang, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkannya dengan membuat catatan singkat mengenai pengalaman dan latar belakang kerja Anda yang ingin Anda ceritakan nanti.


Berlatih Wawancara

Berlatihlah sebelum melakukan wawancara dengan mendengarkan diri sendiri menjawab pertanyaan standar dengan lantan. Hal ini tidak hanya memberikan jalur jelas dan membantu menetapkan jawaban di dalam pikiran. Selain itu juga bisa mengetes beberapa respon natural.  Persiapkan diri untuk pertanyaan yang akan ditanyakan (‘kenapa ingin bekerja dengan kami?’ ‘Apa yang bisa Anda berikan untuk posisi ini?’) dan bicarakan hal tersebut dengan diri sendiri saat di kamar mandi atau ketika membuat kopi.


Menyiapkan Pakaian Yang Sesuai

Apabila sebelumnya Anda sudah mencari tahu mengenai profil perusahaan, tentu Anda telah memjugayai gambaran misalnya apa budaya kerja perusahaan tersebut sehingga Anda juga tahu apakah mereka menerapkan pakaian formal atau semi formal. Pastikan Anda telah menyiapkan pakaian yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian formal saat wawancara agar dapat memberikan kesan positif.
 

 

Demikianlah beberapa tips wawancara kerja yang perlu Anda perhatikan agar mudah direkrut. Semoga bermanfaat.

Post a comment for "Tips Wawancara Kerja agar Cepat Direkrut"

Berlangganan via Email