Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inovasi Bisnis Saat Pendemi

Inovasi Binis Saat Pendemi. Wabah Pendemi covid 19, yang belum juga usai membuat semua sisi kehidupan terganggu.  Hal yang paling dirasakan pada sektor ekonomi adalah bisnis yang tidak bisa berjalan. 

Bawakan bebarapa perusahaan besar terpaksa merumahkan karyawannya karena tidak ada pemasaran produk. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang terpaksa melakukan PHK, tidak mampu lagi bertahan.


Wabah yang terjadi membuat para pebisnis harus mampu mengubah strategi agar mampu bertahan. Inovasi yang sesuai dengan kondisi saat ini, jika terus memaksakan seperti dulu akan tergulung oleh keadaan.

Anda yang bergerak dalam bisnis usaha kecil bisa melakukan beberapa inovasi bisnis berikut ini.


Travelogistic

Anda yang bergerak dalam bisnis travel, tentu sangat terpuruk dengan keadaan  Pandemi  saat ini. Semua pergerakan dan kerumunan menjadi hal yang terlarang, padahal hal inilah yang dilayani dunia travel.

Untuk menghindari kerugian dalam jumlah lebih besar, anda dapat merubah bidang usaha pada bidang yang tidak jauh berbeda. Jika dahulu anda mengantarkan wisatawan ke banyak tempat pariwisata. 

Saat ini saat yang anda miliki dapat dialihkan untuk mengantarkan barang. Armada yang anda miliki dapat trus beroperasi, anda hanya perlu merubah menu yang ada pada perusahaan anda. Perubahan ini membuat usaha anda terus berjalan.


Kopi seliter 

Trend kumpul bersama sambil minum kopi sudah dimulai sebelum masa Pendemi. Kebiasan ini tidak bisa dihilangkan begitu saja.  Jika dahulu minum kopi bersama dilakukan di kopi shop, maka saat ini acara minum kopi dilakukan di rumah.

Pemilik kopi shop kini melakukan inovasi bisnis dengan menyediakan paket kopi seliter yang bisa dibawa ke rumah. Bahkan anda bisa memberikan tambahan lainnya. Perubahan ini ternyata cukup efektif dan bisa membuat kopi shop bertahan.

Bisa juga ditambahkan dengan paket teman minum kopi yang serupa. Sehingga penikmat kopi tetap dapat melakukan kebiasaannya meskipun dari rumah. Sebuah inovasi cerdas yang bisa menyelamatkan usaha. 


Pakaian santai di rumah

Aktivitas keluar rumah yang jarang dilakukan, membuat kebutuhan fesyen menurun. Hal ini tampak pada beberapa perusahaan konveksi yang gulung tikar karena rendahnya permintaan pasar. 

Beberapa brand terkenal pun, merasakan dampaknya. Untuk mengatasi hal itu perusahaan melakukan inovasi bisnis agar bisa bertahan. Jika dahulu produk yang dihasilkan berupa output hang out, kini berubah.

Perubahan ini kini mengeluarkan produk home leuisure. Pakaian yang digunakan di rumah tetapi tetap memberikan kesan trendi. Dengan pakaian ini anda masih tampak keren saat mengupload foto di media sosial 


Cleaning service 

Perhotelan menjadi salah satu sektor bisnis yang merasakan dampaknya Pendemi. Saat ini tidak ada lagi, tamu hotel yang datang. Pemilik hotel harus melakukan inovasi untuk mengatasi krisis yang ada saat ini.

Beberapa pemilik hotel kini beralih menyediakan jasa celeng service. Jasa membersihkan rumah atau gedung dengan standar hotel. Menggunakan aset yang dimiliki hotel, sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan modal.

Konsumen pun merasa senang karena kebersihan rumah dan gedungnya dapat terjaga, dilayani oleh para tenaga profesional. Anda yang bergerak dalam bidang yang sama empat melakukan perubahan ini, pada usaha anda .

Berbagai jenis inovasi lainnya saat Pendemi ini. Anda hanya perlu memikirkan bidang bisnis yang masih dapat dilakukan dengan aset yang anda miliki. Semua demi menjaga kelangsungan usaha. 

Wabah yang terjadi belum jelas kapan akan berakhir,  tetapi kehidupan harus terus berjalan. Melakukan inovasi bisnis menjadi cara yang bisa menyelamatkan usaha agar tidak terhenti dan tidak terjadi PHK.



Post a comment for " Inovasi Bisnis Saat Pendemi"

Berlangganan via Email