Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Keuangan dengan Baik

Cara Mengatur Keuangan dengan Baik perlu untuk diketahui, pengaturan uang per bulannya bukan sekadar menghitung jumlah yang masuk dan keluar. Tetapi lebih penting lagi untuk mengaturnya agar seimbang. Jangan sampai jumlah yang anda dapatkan melebihi jumlah yang dikeluarkan. Banyak orang jatuh ke dalam hutangnya tidak ada habisnya karena pengaturan keuangan yang tidak benar. Seperti peribahasa besar pasak dari pada tiang.


Banyak saran dari para ahli bisa anda temukan, baik di media Online maupun offline tentang cara mengatur pendapatan per bulan yang baik. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk bisa mengatur keuangan, seperti:

Bayar hutang

Agar dapat mengatur penspatan dengan baik anda harus terbebas dari hutang. Hutang yang masih menumpuk akan membuat anda tidak bebas menentukan anggaran.  Jadi lunasi dahulu hutang anda.
Jika perlu anda dapat melakukan negosiasi dengan pemberi pinjaman, besarnya cicilan yang harus dibayarkan sehingga hutang anda dapat dilunaskan. Disiplin dalam mencicil hutang, agar cepat selesai.

Pembagian pendapatan

Saat anda menerima gaji bulanan segera lakukan pembagian pendapatan anda. Rumus yang biasa digunakan adalah 50 – 20 – 30. Lima puluh persen dari pendapatan anda digunakan, untuk biaya hidup harian, seperti biaya makan, transportasi, pulsa, listrik dan lain-lain. 

Biaya yang kedua adalah  biaya untuk anda berinvestasi, sisihkan dua puluh persen pendapatan anda untuk investas. Dana ini juga bisa digunakan sebagai dana cadangan darurat. Dana ini tidak boleh anda ganggu.

Alokasi pendapatan yang ke tiga sekitar tiga puluh persen. Dana ini dapat anda gunakan untuk membeli barang yang diinginkan, berlibur  dan berbagai kesenangan lainnya. Ini adalah hal penting  dalam mengatur keuangan.

Dana pensiun

Usia pasti akan bertambah, anda tidak akan selamanya muda dan bisa bekerja keras. Ada saatnya Anda tidak mampu bekerja. Masa seperti ini harus anda persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.
Jika anda sudah disiplin untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana pensiun, ada baiknya anda membuka tabungan pensiun di lembaga keuangan. Sisihkan sebagian pendapatan anda, jika memungkinkan sisihkan sebanyak sepuluh persen.

Investasi

Anda harus menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk berinvestasi. Sesuaikan jumlah investasi yang anda,  dengan kemampuan anda saat ini. Jika nanti pendapatan anda membaik anda dapat menambahkan jumlah investasi.
 
Mengatur keuangan tidak hanya memikirkan pemasukan dan pengeluaran, tetapi juga merencanakan agar uang yang anda miliki dapat berkembang dan memberikan nilai tambah setiap tahunnya.

Simpan recehan

Uang recehan kembalian saat belanja atau kembalian parkir kadang dianggap sepele.  Padahal ini salah satu cara untuk mempersiapkan dana tambahan saat nanti diperlukan. Sebaiknya anda menyiapkan tempat khusus menyimpan recehan.
Tanpa anda sadari sedikit demi sedikit uang ini akan bertambah. Anda bisa menggunakan uang receh ini untuk menutupi biaya yang kurang. Ini menjadi salah satu cara menabung yang tidak anda sadari.

Kartu kredit

Penggunaan kartu kredit tidak dapat dipisahkan dengan gaya kehidupan modern saat Ini. Harus diingat jangan gunakan kartu kredit untuk keperluan konsumtif, manfaatkan kartu kredit untuk keadaan darurat. Lunasi pembayaran kartu kredit tepat waktu agar terhindar dari bunga yang tinggi. Ini juga salah sat cara menjaga rekor peminjaman anda baik. Jika suatu saat anda membutuhkan ada besar mudah untuk mendapatkan pinjaman.
 
Mengatur keuangan dengan baik dapat membuat hidup lebih tenang. Anda harus memiliki tekad kuat agar bisa menjalani dengan baik. Walaupun susah bukan berarti tidak mungkin, yuk mulai dari sekarang.

Post a comment for "Cara Mengatur Keuangan dengan Baik"

Berlangganan via Email