Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal Terbatas? Ini Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula

Modal Terbatas? Ini Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula - Jika Anda memutuskan untuk mendirikan usaha sendiri, tentu Anda juga akan mulai berpikir mengenai persoalan modal usaha. Walaupun ada sebagian orang yang mengatakan bahwa memulai usaha atau bisnis tidak memerlukan modal, tetapi keberadaan modal usaha sangat penting untuk memastikan rencana bisnis Anda benar-benar dapat dieksekusi atau tidak.



Untuk mendapatkan modal usaha memang tidak mudah, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan para pemula seperti di bawah ini:


Menggunakan Dana Tabungan

Anda bisa menggunakan tabungan pribadi untuk memulai usaha. Selain menghindari risiko hutang, penggunaan dana pribadi juga sangat mudah untuk dilakukan.
Akan tetapi, cara ini tidak bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki tabungan sendiri. Terpaksa, Anda harus menggunakan cara lain seperti tips selanjutnya.

Menjual Aset Pribadi

Jika Anda tidak memiliki tabungan untuk dijadikan modal usaha, Anda dapat memilih untuk menjual aset pribadi. Misalnya Anda bisa menjual kendaraan seperti motor atau mobil.

Anda juga bisa menjual aset lain seperti rumah atau apartemen, surat berharga (saham atau obligasi), emas, dan aset pribadi lain berupa sawah, tanah, atau perkebunan sebagai cara mendapatkan modal usaha.

Walaupun awalnya terasa berat, tetapi apabila bisnis atau usaha Anda berhasil, maka Anda pada akhirnya akan tetap bisa membeli kembali aset-aset tersebut. Bahkan, Anda bisa membeli dalam jumlah dan kualitas yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.


Carilah Investor untuk Memodali Bisnis Anda

Selain menggunakan aset atau tabungan pribadi, Anda juga bisa endapatkan modal usaha dengan mencari investor. Cara seperti memang tidak mudah, tetapi akan sangat membantu karena Anda bisa langsung fokus mengembangkan usaha.

Agar dapat memperoleh modal dari investor, Anda harus meyakinkan mereka tentang rencana usaha yang Anda buat. Untuk itu, perlunya membuat prospek usaha Anda ke depannya, serta membentuk karakter Anda yang bisa dipercaya.

Ajak Orang Lain untuk Joint Venture

Jika mendapatkan modal bisnis atau usaha dari investor terasa sulit, Anda bisa menjalankan opsi untuk membangun usaha bersama (joint venture). Dengan joint venture, Anda dapat membagi jumlah modal yang dibutuhkan guna mendirikan bisnis bersama para pihak yang bergabung atau bekerja sama.
Cara mendapatkan modal usaha ini bisa dibilang Anda melakukan patungan modal bisnis dengan beberapa pihak yang tertarik.

Manfaatkan Program Dana Hibah

Selain cara-cara yang telah disebutkan, Anda juga bisa memanfaatkan program dana hibah untuk mendapatkan modal usaha bagi pemula. Program ini umumnya diadakan dengan cara membuat suatu kompetisi bisnis yang cukup menarik.

Sementara, pihak penyelenggara program tersebut biasanya berasal dari instansi pemerintah, perusahaan BUMN, atau pun lembaga atau yayasan tertentu. Selain melalui mekanisme kompetisi, Anda juga dapat memperoleh dana hibah dengan mengirimkan proposal bisnis.

Ikuti Lomba Bisnis

Untuk mendapatkan modal bisnis, Anda bisa mengikuti lomba bisnis yang diadakan oleh pihak kampus atau pun perusahaan swasta. Ansa juga bisa mencari info lomba ini di berbagai jejaring media sosial atau website.

Biasanya, kompetisi tersebut menawarkan hadiah uang tunai dengan total hingga miliaran rupiah. Di samping itu, dalam kompetisi ini Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan mentoring bisnis dari para pengusaha senior.

Demikianlah tips atau cara mendapatkan modal usaha yang  bisa Anda lakukan sebagai pemula. Pastikan Anda memiliki rencana yang matang dan telah melakukan berbagai survey sebelum memulai usaha. Semoga bermanfaat.

Post a comment for "Modal Terbatas? Ini Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula"

Berlangganan via Email