Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Investasi Millennial yang Tepat

Cara Memulai Investasi Millennial yang Tepat. Generasi millenial merupakan generasi yang berani melakukan gebrakan. Namun sebagai generasi millennial harus mampu untuk mengelola keuangan dengan benar dan tepat. Kondisi generasi sekarang ini sering dikaitkan dengan kehidupan yang hanya bersenang-senang saja dan lebih suka hura-hura semata.


 
Pengetahuan tentang pengelolaan uang berupa investasi sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika sudah terbiasa mengelola keuangan dan meletakkannya pada investasi akan dapat lebih bermanfaat. Daripada uang yang diperoleh dari kerja kerasnya dihabiskan untuk bersenang-senang maka akan lebih baik jika disisihkan sebagian untuk berinvestasi.

Sebagai generasi millennial mungkin akan lebih senang dengan mengambil resiko tinggi. Begitu pula saat akan mengambil investasi kemungkinan akan memilih yang beresiko tinggi karena memang memberikan hasil keuntungan lebih besar. Namun akan lebih baik jika akan memulai investasi millennial memperhatikan hal-hal berikut ini. 

Paham Tentang Investasi

Generasi millennial harus paham tentang yang dimaksud dengan investasi. Berinvestasi yaitu pembelian produk atau aset dan berharap agar mengalami peningkatan nilai di kemudian hari. Produk dan aset tersebut sengaja dipersiapkan untuk masa depan agar memperoleh keuntungan. Bahkan ada investasi yang memberikan keuntungan sangat besar. 

Investasi yang Cocok Untuk Millennial

Generasi millennial yang ingin berinvestasi dapat memilih aplikasi investasi terbaik untuk dirinya. Umumnya generasi millennial akan menyukai investasi yang memberikan keuntungan besar meskipun resikonya lebih besar. Namun jika dikelola secara baik dengan berbagai pengetahuan dan ilmu maka investasi tersebut akan sesuai harapan.

Mungkin investasi reksadana atau saham dapat menjadi pilihan bagi generasi millennial yang ingin berinvestasi. Kedua investasi tersebut ada yang memiliki resiko kecil dan ada yang beresiko besar tergantung pada pilihan jenisnya. Jika ingin lebih aman dapat berinvestasi di emas, tanah dan properti meskipun keuntungannya tidak begitu cepat.

Paham Perbedaan Investasi dan Menabung

Investasi dan menabung ada perbedaannya meskipun secara garis besar untuk menyimpan uang. Jika uang hanya ditabung bertahun-tahun maka kemungkinan dapat tergerus inflasi. Tetapi jika uang diinvestasikan maka akan memperoleh keuntungan dan aman dari inflasi. Investasi millennial yang dipilih nantinya juga akan berpengaruh pada keuntungannya.

Biasanya menabung dilakukan di bank yang akan terpotong biaya administrasi setiap bulan. Belum lagi kemungkinan besar tergerus inflasi. Kebanyakan orang akan memilih menabung agar dapat mudah diambil sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Tetapi jika uang diinvestasikan akan lebih bagus untuk masa depannya. 


Memahami Strategi Investasi

Setelah berinvestasi maka generasi millennial harus memahami dan mempelajari strategi investasi. Sebagai generasi yang masih muda dan menyukai tantangan maka millennial lebih suka dengan investasi dengan resiko agresif. Investasi yang beresiko ini akan mendapatkan keuntungan tinggi dalam waktu relatif lebih singkat. Inilah yang paling disukai millennial.

Namun aplikasi investasi terbaik seharusnya tidak terburu-buru. Sebelum menentukan investasi harus memahami strategi pada masing-masing investasi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyisihkan sebagian gajinya kemudian memilih jenis investasi. Langkah berikutnya adalah mempelajari strategi investasi agar memperoleh keuntungan.

Untuk generasi millennial yang masih pemula dapat memilih investasi kecil saja jika ingin mencoba jenis investasi beresiko tinggi. Jika telah benar-benar paham akan strateginya maka dapat menambahkan investasinya agar keuntungannya lebih banyak. Umumnya investasi yang bersiko tinggi dapat terjadi kemungkinan loss atau hilang.

Memilih investasi millennial yang terbaik harus segera dilakukan untuk masa depan lebih cerah. Mengumpulkan investasi sedikit demi sedikit akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Sifat generasi millennial kebanyakan suka dengan kesenangan tetapi jika sembari berinvestasi dapat memberikan keuntungan di masa depan.

Post a comment for "Cara Memulai Investasi Millennial yang Tepat"

Berlangganan via Email