Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membangun Bisnis Secara Crowdfunding

Cara Membangun Bisnis Secara Crowdfunding - Ketika seseorang terjun kedunia usaha atau bisnis, tentunya ada banyak ide baru yang kreatif dan inovatif yang dapat menunjang produktivitas usaha. Sebab, modal utama sebuah usaha adalah fondasi. Apabila fondasi tidak kuat, maka usaha juga tidak dapat berdiri tegak menopang segala isinya. Oleh karena itu, betapa pentingnya sebuah modah usaha sebagai langkah awal membangun bisnis.


Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan cara mengajukan pinjaman. Akan tetapi, Anda harus memastikan dulu bunga pinjaman dan aspek lainnya sebelum mengajukan pinjaman agar ke depannya pinjaman tersebut tidak menghambat bisnis Anda. Anda bisa manfaatkan crowdfunding untuk mendapatkan pinjaman terbaik.

Definisi Crowdfunding

Sebelum membangun bisnis secara crowdfunding, alangkah baiknya Anda mengetahui apa itu crowdfunding.

Crowdfunding merupakan suatu pendanaan untuk orang-orang yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Dana crowdfunding sendiri didapat dari kumpulan dana beberapa orang. Sebagai alat untuk menjangkau sistem crowdfunding ini, pendekatan kolektif dilakukan terhadap beberapa orang secara online melalui media sosial crowdfunding atau suatu platform.
 

Cara Kerja Crowdfunding

Crowdfunding mempunyai satu pilar selain pemilik modal yakni situs atau website untuk diakses. Bisnis atau usaha yang akan dimiliki tersebut akan didaftarkan pada sebuah website dan ditampilkan. Setelah itu, para pemberi dana akan menanamkan modal untuk membantu Anda mengembangkan usaha.

Biasanya proses tersebut membutuhkan waktu beberapa hari hingga seluruh dana terkumpul. Jika dana yang ditargetkan oleh pemilik usaha sudah terkumpul, maka dana akan segera dicairkan ke rekening pemilik usaja.

Agar membangun bisnis secara crowdfunding bisa dilakukan secara optimal, lakukan 3 langkah di bawah ini.

 

Membuat Proposal Usaha Agar Lebih Menarik

Supaya para penanam modal tertarik menanamkan modalnya atau dananya ke dalam usaha yang Anda jalani, maka siapkan proposal bisnis yang menarik, interaktif, dan tentunya lebih informatif. Proposal ini dibuat agar informasi yang Anda berikan bisa diterima dengan baik oleh orang-orang yang ingin menanamkan modal atau dana pada bisnis atau usaha Anda. 

Anda juga harus menuliskan informasi lengkap mengenai jenis usaha, sistem pemasaran, sistem manajemen, hingga tujuan utama bisnis Anda. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk tulisan, teks, dan video.

 

Mendaftar ke Platform Crowdfunding

Setelah Anda membuat proposal mengenai usaha yang Anda jalankan, ada beberapa langkah lagi yang perlu Anda lakukan untuk membangun bisnis secara crowdfunding. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari platform crowdfunding serta mempunyai regulasi resmi. Hal itu dilakukan agar setiap transaksi yang Anda lakukan lebih aman.


Memantau Perkembangan dari Proposal yang Diajukan

Jika Anda sudah memilih platform mana yang akan Anda gunakan, maka langkah membangun bisnis secara crowdfunding selanjutnya adalah dengan mengunggah proposal yang telah Anda buat semenarik mungkin. Setelah itu, jangan lupa untuk terus memantau perkembangan proses funding yang telah Anda ajukan. 

Apabila ada pertanyaan dari para pemilik dana mengenai usaha atau bisnis Anda, Anda bisa menjawabnya dengan jelas dan singkat. Hal tersebut bertujuan agar pemilik dana tertarik dan menanamkan dananya untuk pengembangan usaha Anda.

Crowdfunding menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk membangun dan mengembangkan sebuah usaha atau bisnis. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan crowdfunding, yaitu memiliki jangkauan lebih luas, berkesempatan mengenalkan usaha, melakukan pemasaran, dan validasi konsep.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis secara crowdfunding. Semoga bermanfaat.

Post a comment for "Cara Membangun Bisnis Secara Crowdfunding"

Berlangganan via Email