Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua Bahagia

6 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua Bahagia. Investasi adalah menyisihkan sebagian uang untuk disimpan atau dibelikan sesuatu yang bermanfaat di masa yang akan datang. Investasi menurut waktu terbagi dua yaitu jangka panjang dan jangka pendek.


Anda bisa memilih untuk berinvestasi jangka pendek atau jangka panjang. Perbedaan kedua investasi ini terletak pada jangka waktu. Jika jangka pendek memiliki waktu dibawah satu tahun, jangka panjang memiliki waktu satu, tiga, lima, bahkan sepuluh tahun.
 
Selagi masih muda dan masih bekerja, ada baiknya Anda menyisihkan sebagian rezeki finansial Anda untuk berinvestasi. Investasi bisa menolong Anda memenuhi kebutuhan finansial di hari tua. Jika Anda tidak ingin memiliki masalah keuangan di kemudian hari, sebaiknya Anda mulai berinvestasi di saat keuangan Anda masih baik.
 
Investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan terbaik jika usia Anda masih tergolong muda. Saat ini Anda sedang giat-giatnya bekerja. Jika di hari tua Anda hanya ingin menikmati sisa hidup tanpa bersusah payah memikirkan ekonomi keluarga, maka Anda cukup berinvestasi.
 
Ada 6 jenis investasi dalam bentuk jangka panjang yang bisa Anda pilih untuk mewujudkan hari tua penuh kebahagiaan. Berikut penjelasannya.

Saham

Saham merupakan salah satu investasi yang dipercaya memiliki keuntungan yang sangat besar. Cara berinvestasi dengan saham adalah dengan memberikan sejumlah modal kepada salah satu perusahaan terpercaya.
 
Dana yang Anda berikan menjadi penanda bahwa Anda menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut. Semakin besar modal yang Anda keluarkan, maka akan semakin besar persentase kepemilikan perusahaan yang Anda miliki.
 

Emas

Salah satu investasi yang paling mudah dilakukan adalah dengan membeli emas, baik perhiasan, batangan, atau koin dinar. Anda cukup menyimpannya di tempat yang aman. Bisa dengan menyewa brangkas di bank atau menyimpannya di brangkas pribadi di rumah Anda.
 
Emas sebenarnya tidak hanya investasi jangka panjang tapi bisa juga dijadikan investasi jang pendek. Misalnya, belum genap satu tahun Anda menyimpan emas, suatu saat Anda memiliki keperluan dana yang mendesak. Anda bisa menjual emas Anda dan memperoleh uang.

Properti

Investasi berikutnya adalah properti. Orang tua zaman dahulu, walaupun tidak mengerti teori investasi, mereka ternyata sudah melakukan investasi. Mereka menyisihkan uang untuk membeli sepetak dua petak tanah atau bahkan berhektar-hektar tanah.
 
Investasi properti bukan hanya tanah saja, tetapi bisa dalam bentuk ruko, perumahan, kos-kosan, apartemen, maupun perkebunan. Investasi jenis ini juga sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
 

P2P Lending

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui jenis investasi ini. P2P Lending merupakan platform investasi kekinian yang banyak diminati anak muda milenial. Cukup dengan menghubungkan pemilik modal dan orang yang membutuhkan modal.
 

Asuransi

Asuransi merupakan salah satu investasi berjangka panjang. Masa depan yang tidak bisa Anda prediksi membuat Anda sedikit mengkhawatirkan kehidupan Anda di masa mendatang. Risiko terserang penyakit, atau kecelakaan dalam berkendaraan membuat Anda memilih untuk mengansuransikan diri Anda.
 

Reksadana

Reksadana bisa menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi jika Anda tidak mau terlalu repot dengan berbagai jenis investasi. Setiap reksadana memiliki manajer investasi yang akan menyalurkan dana Anda kepada perusahaan atau instrumen investasi lain yang menguntungkan bagi Anda.
 

Sukuk

Sukuk adalah surat berharga atau obligasi yang bisa menjadi pilihan lain Anda untuk berinvestasi. Dalam hal ini terdapat 2 jenis sukuk antara lain sukuk tabungan dan ritel. Bedanya hanya modal yang dikeluarkan.
 
Demikianlah 6 investasi jangka panjang yang bisa Anda coba dan lakukan. Semua tergantung kenyamanan dan keamanan serta keyakinan Anda, investasi mana yang paling menjanjikan keuntungan tetapi minim risiko. Selamat berinvestasi. Hari tua bahagia menanti Anda.

Post a comment for "6 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua Bahagia"

Berlangganan via Email