Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Redaksi Media Online

Media memiliki peran penting dalam memberikan kebutuhan informasi bagi khalayak. Selain itu, bagi media online, ia harus tanggap megikuti serta menyesuaikan trend jurnalisme yang berkembang. Salah satu karakteristik media online adalah aspek kecepatan yang menjadikan banyak berita belum tentu sesuai dengan fakta yang ada. Untuk mengatasi hal tersebut, media online berupaya mengadopsi jurnalisme berbasis data. Jurnalisme data merupakan kegiatan jurnalisme yang mana mengumpulkan data – data yang kemudian diceritakan secara kompleks dan menarik dan didukung dengan visualisasi yang menarik dan interaktif.



Dari latar belakang tersebut, artikel ini ditulis untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksional yang dijalankan oleh media online Seputar Sukabumi.com dengan jurnalisme online berbasis data. Hasil dari bincang bincang melalui telepon, menunjukkan Seputar Sukabumi.com melakukan kegiatan manajemen redaksional dalam bentuk dan tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai evaluasi. Kelebihan pada tahap perencanaan yang dilakukan oleh Seputar Sukabumi.com adalah dijalankannya sistem aturan bagi setiap tim yang ada untuk mendukung proses produksi berita. Hal tersebut berlaku untuk semua produk berita Seputar Sukabumi.com yaitu hard news dan current issue, mild news juga pada jurnalisme data yaitu indepth reporting.

Sebuah isu atau peristiwa yang diangkat dan kemudian dijadikan berita untuk disebarluaskan kepada khalayak sangat dibutuhkan apalagi sesuai dengan data dan fakta - fakta yang ada. Bukan hanya sesuai dari data dan fakta - fakta yang ada, tetapi media juga memiliki peranan penting dalam menyebarluaskan informasi tersebut. Media memberikan pengaruh besar bagi setiap individu yang menerima pesan yang diberikan dari media itu. Salah satunya media online, dimana media online sekarang ini menjadi sorotan penting bagi setiap individu dibanding dengan media - media lain seperti halnya televisi dan radio. Dengan media online, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan berita atau informasi dengan gampang. Hanya saja dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat menjadikan tantangan untuk berbagai media terkhususnya media online untuk memberikan informasi bagi masyarakat. 

Dari media online kita dapat menikmati kecepatan dalam penyampaian informasi tersebut guna mendapatkan sebuah isu atau peristiwa yang juga terjadi dengan cepat. Kebanyakan orangpun kagum dengan keunggulan penyampaian informasi dari media online yang begitu cepat. Namun dengan kecepatan dalam meyampaikan informasi tersebut mengakibatkan media online atau situs berita menjadi sarana untuk penyampai berita yang tak kalah dengan media cetak seperti halnya surat kabar, majalah dan lainnya.

Dalam penyampaian informasi yang cepat belum tentu dalam penyampaiannya sesuai dengan data dan fakta yang ada, untuk itu harus melihat tingkat akurasi serta relevansi dari data yang diambil yang nantinya akan dijadikan berita dan kemudian disebarluaskan kepada khalayak. Beberapa media khususnya media online pun menggunakan trend dalam inovasi jurnalisme berbasis data untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Trend dalam jurnalisme berbasis data memunculkan tren dimana jurnalisme online sekarang ini menjadi lebih lambat. Dengan mengumpulkan lebih banyak data yang dianalisis terlebih dahulu yang kemudian digunakan untuk membuat berita.

Di Indonesia,  jurnalisme online tentu semakin berkembang dari masa ke massa. Apalagi dengan informasi sekarang ini beredar,  bukan hanya hitungan jam tetapi sudah dalam hitungan menit hanya saja belum tentu berita atau informasi yang disebarkan sudah sesuai fakta atau belum. Untuk meminimalisir hal tersebut beberapa media massa khususnya media online memunculkan inovasi - inovasi baru dan mengikuti atau menyesuaikan tren yang terjadi terutama dalam tren jurnalisme berbasis data untuk menyampaikan sebuah isu atau peristiwa kepada masing - masing individu. Kemampuan sebuah media melakukan tren jurnalisme berbasis data ini dilakukan agar jurnalisme online yang dilakukan saat ini tetap relevan serta jurnalisme online harus lebih proaktif serta kreatif dalam inovasi - inovasi barunya dalam menciptakan konten - konten baru.

Media online baru - baru ini yang muncul seperti halnya Seputar Sukabumi.com. Dimana Seputar Sukabumi.com yang merupakan situs berita online yang menggunakan trend baru dalam kontennya yaitu dengan jurnalisme data berbasis online. Media online Seputar Sukabumi.com ini tidak mengacu pada kecepatan dalam penyampaian pesan atau informasi.

Oleh : Ibu Sri Siswanti

Post a comment for "Manajemen Redaksi Media Online"

Berlangganan via Email