Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis di Era Digital

Di zaman yang semakin berkembang ini teknologi digital berkembang begitu cepat untuk membantu berbagai bidang di kehidupan manusia contohnya di bidang pendidikan, sosial, budaya, politik, transportasi, termasuk juga di bidang bisnis. Saat ini bisnis bisa dengan mudah dilakukan oleh banyak orang karena menggunakan teknologi digital, dan pada akhirnya banyak orang menyebut ini dengan bisnis digital. Bisnis digital ini sangat membantu para pembisnis untuk melakukan bisnisnya karena dengan adanya bisnis digital ini para pembisnis tidak diharuskan untuk mempunyai toko atau tempat berjualan untuk melakukan bisnis. Pembisnis bisa melakukan promosi melalui teknologi digital ini, lalu bagaimana cara membuat bisnis digital di era saat ini? Sebelum menjelaskan bagaimana cara membuat bisnis digital, kita harus mengetahui apa sih sebenarnya bisnis digital itu? 



Bisnis digital merupakan bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk atau dalam memasarkannya. Bisnis digital merupakan suatu bentuk aktivitas yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dengan teknologi digital sebagai penghubungnya, dimana nanti para penjual atau pembisnis ini akan memasarkan produknya melalui website atau aplikasi untuk berbisnis lalu para pembeli akan mencari barang atau jasa yang dibutuhkannya setelah itu, para pembeli akan menawar atau sekedar menanyakan tentang produk barang atau jasa yang akan dibeli dan pada akhirnya terjadilah kesepakatan apakah pembeli tersebut jadi membeli barang atau jasa tersebut atau tidak. Nantinya barang ataupu jasa yang telah dibeli oleh pembeli tersebut akan diantarkan oleh jasa kurir dan biaya yang akan diterima oleh penjual akan ditransfer melalui bank atau aplikasi berbayar oleh pembeli. Dari bisnis digital ini para pembisnis bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Saat ini banyak sekali orang yang melakukan bisnis digital, contohnya adalah Natali Ardianto, Natali Ardianto ini merupakan pendiri sekaligus CTO dari tiket.com. Sebelum Natali Ardianto ini mendirikan tiket.com yang terkenal ini, Natali Ardianto mengalami beberapa kegagalan dalam berbisnis, ia dan teman-temannya sempat mendirikan Urbanesia, Urbanesia merupakan perusahaan online yang bergerak di bidang life style. Tetapi, Natali dan teman-temannya merasa bahwa masa depan Urbanesia ini tidak terlalu menjanjikan sehingga ia dan teman-temannya memutuskan untuk kembali membuat perusahaan yang bernama golfnesia. Dimana Golfnesia ini merupakan sebuah situs untuk membooking lapangan golf, situs ini merupakan situs booking lapangan golf pertama yang ada di Indonesia. Namun, sama halnya dengan Urbanesia, Golfnesia ini tidak terlalu berkembang seperti yang ia harapkan bersama teman-temannya. Meskipun telah gagal berkali-kali Natali Ardianto tidak menyerah dan tetap optimis akan mendirikan perusahaan. Pada akhirnya, ia bergabung bersama Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Mikhael Gaery Undarsa untuk mendirikan bisnis start up yaitu tiket.com ini. Natali bersama teman-temannya fokus terhadap strategi bisnis yaitu promosi, memanfaatkan media iklan digital dan konvensional untuk mempromosikan tiket.com ini. 

Hal ini berbuah hasil karena pada tahun 2013 tiket.com telah mencapai berbagai tiket pemesanan seperti kereta api, pesawat, hotel dan tiket event dengan mendapatkan keuntungan 13 kali lipat lebih besar dari tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa bisnis sendiri tidak bisa dilakukan dengan langsung mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi bisnis juga membutuhkan proses. Maka dari itu, kita patut untuk meniru sifat Natali Ardianto yang tidak mudah menyerah ini, dan terus berusaha untuk melakukan bisnis digital ini hingga mencapai kesuksesan.

Dalam melakukan bisnis digital ini kita harus mengetahui bagaimana sih cara kita untuk membangun bisnis digital dengan benar dan tidak kalah saing oleh competitor yang ada, oleh karena itu terdapat beberapa cara untuk membangun bisnis digital dengan baik, diantaranya adalah dengan melakukan digital marketing seperti yang dilakukan oleh Natali Ardianto. Menurut Chaffey & Mayer, 2009 digital marketing merupakan pemasaran yang memiliki lingkup lebih luas karena mengacu pada media digital seperti web, e-mail dan media nirkabel, tetapi juga meliputi pengelolaan data pelanggan digital, dan juga bagaimana Internet dapat digunakan bersama dengan media tradisional untuk memperoleh dan memberikan layanan kepada pelanggan. Digital marketing juga bisa dilakukan dengan cara:

1. Menggunakan Jejaring Sosial 

Dengan menggunakan jejaring sosial ini kita dapat mempromosikan produk barang atau jasa yang kita jual, kita harus membuat produknya semenarik mungkin agar para pembeli ingin membelinya. Saat ini juga sudah banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan jejaring sosial selain untuk berkomunikasi dengan orang lain tetapi juga dimanfaatkan untuk mempromosikan produk yang dijual.


2. Memasarkan Produk yang Dijual di Toko Online

Selain di jejaring sosial kita bisa memasarkan produk kita di took-toko online yang berbasis aplikasi misalnya shopee, lazada, tokopedia, dll. Hal ini sangat efektif untuk para konsumen karena konsumen bisa dengan mudah mencari barang yang dibuthkan sesuai keinginan. Tetapi, produk yang dipasarkan pun harus bisa menarik minat konsumen atau pembeli.


3. Membuat Website E-commerce

Dengan membuat website e-commerce ini konsumen dapat melihat produk yang kita jual, dengan spesifikasi seperti harga, gambar produk, warna, ukuran, stock barang sehingga para konsumen mengetahui apakah produk yang mereka inginkan ini ada atau tidak di website tersebut.


Kelebihan Bisnis Digital

Jika dirasa masih ragu untuk melakukan bisnis digital ini, terdapat beberapa kelebihan yang didapatkan dari bisnis digital ini diantaranya adalah 

1. Ukuran pasar yang luas 

Dengan bisnis digital ini pasar yang dijangkau oleh para pembisnis lebih luas karena bisa dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia. Sehingga peluang keuntungan yang didapatkan lebih besar.

2. Mudah dilakukan oleh para konsumen

Saat konsumen melakukan bisnis digital ini, konsumen merasa mudah untuk membeli suatu barang tanpa harus ke toko nya langsung. Konsumen dengan mudah membuka smartphonenya dan langsung membeli barang yang diinginkan.

3. Keuntungan yang besar

Karna jangkauan pasar yang luas tadi tentunya keuntungan yang didapatkan akan lebih besar.
Bisnis digital ini sangat besar peluangnya terutama di Negara kita Indonesia, oleh karena itu bisnis digital dapat menjadi pertimbangan untuk dilakukan. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca untuk segera melakukan bisnis.


Sumber :
https://www.niagahoster.co.id/blog/bisnis-digital/
https://selular.id/2018/12/3-cara-mudah-membangun-bisnis-digital/
https://www.dbs.id/id/sme-id/businessclass/articles/ceo-stories/ardianto-natali
https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/

Oleh : Shaffa Dityani K
Mahasiswi Institut Manajemen Wiyata Indonesia

Post a comment for "Bisnis di Era Digital"

Berlangganan via Email