Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Buah Durian yang Manis dan Lezat

Musim durian menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat durian. Durian merupakan buah yang mempunyai kulit berduri dan mempunyai aroma yang sangat menyengat. Jika anda merupakan penikmat buah ini, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana tips atau cara memilih durian yang manis dan lezat agar anda tidak merasa rugi saat mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli buah durian apalagi, durian ini bisa disebut salah satu buah yang mempunyai harga yang mahal jika dibandingkan dengan buah-buah lainnya.



Durian ini biasanya tumbuh di daerah tropis, terutama di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Di Indonesia sendiri sebagian orang sangat menyukai buah ini.

Durian mempunyai banyak jenisnya diantaranya adalah musang king nama lain dari jenis durian ini adalah Cat Mountain King, Rajah Kunyit, dan Mao Shan Wang. Durian jenis musang king ini memiliki daging yang halus dan lembut seperti mentega dan memiliki warna kuning cerah.

Musang king ini merupakan durian yang paling banyak disukai oleh semua pecinta durian. Selain jenis musang king, ada juga durian XO, durian ini dikenal dengan rasa daging buah yang difermentasi dan sangat lunak saat dipegang. Ciri khas dari durian ini adalah memiliki rasa yang pahit. Selain itu bagi pecinta durian denga nada sedikit rasa pahit, patut dicoba juga jenis durian D24, durian ini memiliki warna kuning keemasan.

Selain rasa nya enak ternyata durian memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan kita. Durian mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menghambat aktivitas radikal bebas, meningkatkan pencernaan, menguatkan tulang, dan mengurangi gejala anemia. Selain itu, durian juga sangat baik untuk memperlambat penuaan dini, mengurangi tekanan darah dan berpotensi mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan stres. 

Buah Durian dapat dikonsumsi secara langsung ataupun melalui pengolahan seperti dibuat jus, es krim, atau diolah sebagai makanan penutup. Kenikmatan dan Kelezatan dari makanan olahan durian bergantung pada bahan baku buah durian itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus bisa memilih buah durian yang bagus, matang dan lezat untuk dikonsumsi.  Berikut ini beberapa tips bagaimana memilih buah durian yang manis dan lezat yang kami rangkum dari berbagai sumber:

Lihat Buah Durian dari Bentuknya

Banyak bentuk buah durian, dari mulai yang lonjong sampai dengan yang bulat. Buah durian yang berbentuk bulat sempurna cenderung memiliki daging dengan rasa yang hambar dibandingkan dengan daging dari durian yang berbentuk tidak teratur.  Buah durian yang baik biasanya berbentuk lonjong, karena daging dari durian yang berbentuk lonjong akan lebih wangi dan creamy dibandingkan dengan daging dari durian yang berbentuk bulat sempurna. Jadi, pilihlah bentuk buah durian yang tidak beraturan atau lonjong daripada yang bulat sempurna.

Lihat Buah Durian dari Batangnya

Selain dilihat dari bentuk buah nya, untuk menentukan durian itu bagus atau tidak dapat dilihat juga dari batangnya. Durian yang segar akan memiliki ujung batang yang masih lembab dan berwarna terang. Semakin lama durian terlepas dari pohon, semakin gelap dan kering ujung batangnya.

Pilihlah durian dengan batang yang tebal. Batang yang tebal dapat mengindikasikan bahwa durian tersebut menerima banyak nutrisi dari pohonnya, sehingga memiliki buah yang lebih banyak dagingnya.

Lihat Buah Durian dari Durinya

Warna duri dapat memberikan informasi kepada kita untuk mengetahui seberapa matang buah durian. Duri berwarna hijau terang menunjukkan durian kurang matang. Sedangkan duri berwarna cokelat kering menunjukkan bahwa buah tersebut terlalu matang.  Untuk memilih buah durian yang mempunyai tingkat kematangan sempurna, pilihlah buah durian dengan duri berwarna hijau tetapi memiliki ujung duri yang berwarna cokelat

Lihat Buah Durian dari warnanya

Jika durian sudah dalam kondisi terkupas, kita bisa melihat durian yang baik dari warnanya. Musang king berwarna kuning cerah, XO dan D24 memiliki kulit kuning pucat, sedangkan daging durian D13 biasanya memiliki warna oranye. Untuk beberapa ras tertentu, warna yang lebih kemerahan biasanya menunjukkan lebih banyak rasa manis.

Melihat kualitas durian dengan mencium Aromanya

Untuk memilih durian yang baik, kita dapat mencium aroma di area sekitar batang. Jika tidak ada aroma yang tercium atau hanya sedikit aroma yang tercium, berarti duriannya belum matang.  Semakin kuat aroma, semakin segar buah tersebut. Tetapi jika aromanya terlalu kuat atau cenderung busuk, buah durian tersebut terlalu matang.

Dengan Mengoyangkan Buahnya

Cara ini bias kita pertimbangkan untuk melihat kualitas buah durian. Pegang buah durian dengan hati-hati kemudian goyangkan. Jika terdapat suara bergerak dari dalam buah, berarti dagingnya kering dan kurang. Jika tidak ada suara, buah mungkin kurang matang atau matang. Ketika durian kurang matang, dagingnya akan keras dan hambar. Di sisi lain, jika buah durian terlalu matang, dagingnya akan terasa berat dan basah. Cara memilih durian yang matang adalah dengan menggoyangkan buah dan buah yang ideal akan menghasilkan suara yang jernih, dan sedikit licin saat diguncang. 

Post a comment for "Tips Memilih Buah Durian yang Manis dan Lezat"

Berlangganan via Email