Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran menjadi hal yang sangat penting diperhatikan oleh setiap perusahaan bisnis. Dalam artikel ini akan coba membahas mengenai Lingkungan Pemasaran. Lingkungan pemasaran merupakan representasi dari gabungan antara tekanan internal dan eksternal dari sebuah perusahan yang memiliki pengaruh , terutama kemampuan dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang sukses dengan target pelanggan.

Analisis mendalam tentang lingkungan pemasaran sangat penting bagi organisasi untuk membuat identifikasi peluang & ancaman kepada organisasi. Lingkungan Pemasaran terdiri dari lingkungan makro dan lingkungan mikro.

Hal-hal yang termasuk kedalam lingkungan pemasaran makro adalah sosial, ekonomi, politik dan pengaruh hukum, demografi dan tuntutan teknologi. Hal-hal tersebut kadang-kadang dirujuk sebagai PESTLE factors dan akan dibahas lebih detai dalam PESTLE analysis. Organisasi tidak bias mengendalikan hal-hal ini namun setiap organisasi bisa mempersiapkan diri mengikuti perubahan-perubahan yang akan terjadi.

Lingkungan mikro lebih merujuk kepada kekuatan-kekuatan yang erat mempengaruhi perusahaan dan secara langsung mempengaruhi organisasi. Termasuk perusahaan itu sendiri, karyawan perusahaan, Supplier, Saluran Distribusi, Pesaing, konsumen, public dan pemangku kepentingan. Hal-hal ini bisa dikontrol atau dipengaruhi dan dijelaskan lebih rinci dalam Porter’s 5 Forces.


Banyak mempelajari tentang beberapa tipe pemasaran yang berbeda akan membantu pemasar untuk lebih memahami lingkungan pemasaran

Tipe utama custumer adalah bisnis, konsumen, badan pemerintahan dan karyawan. Semua trnsaksi bisnis dapat terjadi diantara semua tipe coustumer tersebut, mengarah kepada konsep konsumen pasar B2C , Bisnis atau pasar B2B, pasar export markets, pemerintah atau pasar G2C, dengan masing-masing mempunyai kriteria tersendiri seperti penjelasan di bawah ini :

Business to business (B2B) marketing mewakaili penjualan antara lembaga-lembaga atau organisasi . trnsaksi di pasar ini sangat kompleks, saluran distribusi lebih pendek dan langsung. Biasanya diterapkan standart tersendiri.

Consumer markets (B2C) B2C ini ditandai dengan personal pembeli yang membeli barang, produk atai jasa untuk dipakai atau dikonsumsi sendiri. Mereka dapat disegmentasikan menjadi beberapa grup atau kelompok seperti usia, pendidikan, lokasi, sikap, pendapatan dan lain-lain. Dengan begitu berbagai strategi pemasaran dapat disesuaikan dengan kondisi.

G2C markets (government to citizen) hal ini dimaksudkan saat institutsi pemerintah menjadi penjual dana diasumsikan rakyat menjadi pembeli. Contohnya seperti PLN, Pertamina Dll.


Lingkungan pemasaran diklasifikasikan menjadi dua jenia

Komponen Lingkungan Micro
Komponen Lingkungan Macro

Komponen Lingkungan Micro berhubungan secara spesifik dengan organisasi, sedangkan komponen lingkungan macro lebih luas mencakup seluruh industry dan daerah bahkan negara. Faktor-faktor lingkungan makro tidak dapat dihindari atau dihilangkan pemasar harus siap menghadapi segalaperubahan yang diakibatkan. Oleh karena itu manajer pemasaran harus bisa proaktif dan bisa mengantisipasi perubahan-perubahan yang akan terjadi

Seorang manajer perusahaan harus selalu waspada dalam menghadaapi ancaman maupun peluang yang ada di lingkungan pemasaran. Organisasi yang efektif tidak hanya terfokus kepada pelanggan atau merk tetapi juga harus dapat menganalisa kekuatan lingkungan pemasaran.
Secara konsisten department pemasaran harus mempertimbangkan aspek dinamis dari lingkungan pemasaran sehingga organisasi bisa beradaptasi dengan baik saat perubahan muncul, mengembangkan strategi-strategi jangka panjang, mempertahankan kemampuan untuk memenuhi permintaan pasar dan mengembangkan kemampuan kompetitif dalam menghadapi persaingan global.

Perubahan trend lingkungan pemasaran harus proaktif dianalisa oleh organisasi sehingga bauran marketing dapat dikembangkan dalam memenuhi permintan pelanggan. Perubahan yang terjadi di lingkungan pemasaran, didak mudah untuk diperkirakan Karena perubahan akan muncul dengan cepat. Perubahan dapat dimonitor melalui intelejen pemasaran dan riset pemasaran.

Komponen lingkungan mikro

Ada lima komponen yang tekait dengan lingkungan mikro dalam organisasi. Kelima komponen tersebut merupakan

Organisasi itu sendiri
Suppliers
Marketing channel
Pesaingan
Publik

Mari kita bahas satu persatu

Organisasi itu sendiri:
Organisasi itu sendiri erupan komponen lingkungan mikro pertama yang focus pada peran organisasi. Missi dan tujuan jangka panjang dikembangkan oleh top level manajemen. Setelah strategi-strategi taktis di tetapkan oleh top manajemen, tujuan jangka pendek dan kebijakan-kebijakan akan disiapkan oleh manajemen tingkat menengah, yang akan diiuti dan diterapkan oleh bagian fungsional. Manajemen puncak organisasi terbatas pada daerah di mana Manajer Pemasaran mengambil keputusan. Manajer Pemasaran bekerja sama dengan departemen lain organisasi bisnis karena sebagian besar kegiatan seluruh organisasi saling terkait satu sama lain. Tujuan organisasi yang lebih luas juga umum untuk semua Departemen organisasi seperti pembelian Departemen, departemen R&D, produksi Departemen dll. Fokus utama dari semua Departemen harus berorientasi pelanggan perilaku yang memastikan pengiriman nilai yang superior kepada pelanggan dan hal ini dimungkinkan melalui upaya Departemen Pemasaran
       

Suppliers:

Pemasok adalah perusahaan atau organisasi yang memberikan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk produksi barang atau jasa. Prioritas pengiriman akan menjadi nilai kepada pelanggan melalui hubungan yang bermanfaat dengan pemasok. Ketersediaan persediaan permanen ditunjukan oleh organisasi untuk memastikan kelancaran operasin perusahaan. Harga merupakan kunci utama yang dianalisa oleh manajemen organisasi karena harga dari pemasok akan langsung mempengaruhi harga produksi dan harga jula kepada pelanggan. Jadi setiap kenaikan harga dari pemasok harus benar-benar dipehatikan dan dianalisa.


Perantara Pemasaran:
Organisasi yang membantu dalam mempromosikan, menjual & distribusi produk ke pelanggan akhir organisasi tersebut disebut pemasaran perantara. Berikut merupakan contoh Perantara pemasaran :

Resellers:
Organisasi yang bertindak sebagai saluran distribusi dalam pencarian pelanggan untuk organisasi tertentu dan juga membantu dalam melakukan penjualan produk. Reseller dapat berupa grosir atau pengecer yang melakukan fungsi pembelian & menjual produk dari perusahaan tertentu. Biaya organisasi berkurang dengan penggunaan Layanan reseller, tetapi tidak menuntut kemungkinan dapat menyebabkan masalah dalam prosesnya.

Physical Distribution Firms:
Physical Distribution Firms merupakan perusahaan yang membantu distribusi barang dari kawasan manufaktur ke titik penjualan. Gudang adalah contoh umum dari perusahaan distribusi fisik seperti itu.

Agen Jasa Marketing:
Pencapaian target perusahaan & promosi produk organisasi efektif dilakukan dengan bantuan layanan agen pemasaran.

Perantara Keuangan:
Keuangan disediakan dengan bantuan perantara keuangan seperti Bank dll, yang menjamin risiko organisasi.

Customers:
Pasar pelanggan harus erat mempelajari oleh organisasi karena ada lebih dari satu pasar konsumen dengan fitur unik mereka sendiri .

Consumer Market:
ini terdiri dari Pelanggan yang membeli barang atau jasa organisasi untuk konsumsi akhir.

Business Market:
Market ini termasuk organisasi-organisasi lain yang membeli barang atau jasa untuk pemanfaatan dalam proses produksi.

Reseller Market:
Terdiri dari perusahaan-perusahaan yang membeli barang-barang untuk menjualnya untuk mendapaatkan keuntungan.

Government Market:
Terdiri dari lembaga yang membeli barang atau jasa untuk produksi & distribusi pelayanan publik.

International Market:
Ini mencakup pembeli dari negara-negara asing.

Competitors:
Setiap organisasi menghadapi kompetisi dengan pesaing tertentu. Jadi persaingan organisasi harus mengembangkan suatu strategi yang efektif yang dapat mempengaruhi posisi produk di pasar yang bersaing. Ada strategi tunggal yang dapat efektif untuk semua organisasi.

Publik:
Publik termasuk sekelompok individu yang dapat mempengaruhi kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan. Jadi organisasi harus mengembangkan sebuah rencana pemasaran yang efektif untuk umum maupun pelanggan. Publik dapat mengambil bentuk sebagai berikut.

Keuangan publik: Dapat mempengaruhi kemampuan organisasi untuk mendapatkan dana.

Media Umum: Ini membawa opini editorial, fitur & berita.
Umum pemerintah: Ia menganggap aspek pembangunan.
Warga negara publik: Termasuk organisasi-organisasi konsumen yang bisa pertanyaan keputusan organisasi.
Umum lokal: Termasuk organisasi masyarakat & lingkungan warga.
Masyarakat dan umum: Ini hanya mencakup masyarakat umum.
Internal publik: Termasuk karyawan, manajer dan Dewan Direksi dari suatu organisasi.

Lingkungan makro dan jenis perusahaan
Organisasi bersama pasukan lain membawa fungsinya dalam lingkungan makro dan sekitarnya. Ada beberapa faktor dan kekuatan dari lingkungan makro yang bertanggung jawab untuk penyediaan kesempatan & ancaman kepada organisasi. Enam jenis pasukan hadir dalam lingkungan makro organisasi, yang adalah sebagai berikut.

Demografis
Ekonomi
Alam
Teknologi
Politik
Budaya

Sekarang, masing-masing dibahas di bawah ini secara rinci.

Demografi:
Kekuatan demografis lingkungan makro berkaitan dengan studi populasi manusia terhadap lokasi mereka, ukuran, kepadatan, ras, jenis kelamin, pekerjaan, Umur & faktor-faktor lain. Pemasar organisasi memiliki minat dalam aktor ini lingkungan makro karena berhubungan dengan orang-orang, yang merupakan dasar dari setiap pasar. Tren kekuatan demografis yang berubah pada tingkat yang konstan. Berikut adalah beberapa contoh dari perubahan tersebut.

01 - tingkat peningkatan populasi tumbuh secara cepat yang buruk pada akhirnya akan mempengaruhi pasokan makanan & servis kemampuan untuk penduduk. Negara-negara miskin adalah korban yang akan paling menderita. Meningkatkan pasar Cina adalah mendapatkan perhatian pemasar di seluruh dunia.

02 - struktur umur berubah adalah tren penting lain dari populasi. Alasan untuk peningkatan ini dalam struktur umur penduduk adalah harapan hidup meningkat dan kejatuhan di tingkat kelahiran. Setelah perang dunia 2, baby boomer telah berkontribusi banyak dalam bertambahnya usia penduduk. Kelompok usia orang terbagi menjadi banyak sub-cabang oleh organisasi. Yang paling penting adalah grup usia menengah yang akan menjadi warga senior di masa depan. Kelompok lain termasuk generasi X & Boomer echo.

Keseluruhan populasi dunia mendidik baik dengan kebutuhan-kebutuhan baru & tuntutan untuk produk & layanan. Pekerja kerah putih yang meningkat dalam jumlah dan produk-produk tertentu seperti buku & jasa pendidikan lebih menuntut dengan mendidik kelompok. Juga terkait komputer keterampilan teknis akan menjadi penting dalam tahun-tahun mendatang. Keanekaragaman ras & Etnik populasi adalah salah satu tren besar yang juga meningkatkan. Organisasi harus berkonsentrasi elemen keragaman penduduk & menggunakannya dalam kepentingan terbaik mereka. Orang-orang Penyandang Cacat juga membentuk masa depan pasar potensial.

Ekonomi:
Faktor ekonomi makro lingkungan termasuk orang-orang yang mempengaruhi daya beli pelanggan dengan pola pengeluaran mereka. Tren-tren tertentu penting lingkungan ekonomi di Amerika Serikat adalah sebagai berikut.

01 - konsumsi pribadi menjadi alasan untuk resesi di negara yang mempengaruhi tindakan pribadi & perusahaan. Sekarang pelanggan menjadi pembeli lebih berhati-hati.

02 - pelanggan menyadari meningkatnya pendapatan riil & jadi mereka mengadopsi strategi pemasaran nilai.

03 - distribusi pendapatan di negara adalah dalam bentuk miring yang berarti distribusi yang tidak seimbang. Sebagian besar pelanggan menunjukkan pola belanja di e dasar bidang makanan, transportasi & perumahan. Selain itu tidak adil distribusi pendapatan mengakibatkan pembentukan dua jenis kelas orang-orang yang kaya dan kurang makmur.

Para pemasar organisasi harus mengembangkan & menerapkan seperti strategi yang menguntungkan mereka dari tren ekonomi. Jadi mereka harus hati-hati memantau tren mengubah sistem ekonomi untuk mencegah organisasi mereka dari efek samping dari tren.

Alami:
Kekuatan alam lingkungan makro terdiri dari sumber daya alam yang diwajibkan oleh organisasi sebagai masukan atau yang dipengaruhi oleh aktivitas pemasaran. Tren lingkungan alam menjadi cukup penting sejak beberapa tahun seperti

01 - perluasan industri serius telah mempengaruhi bahan baku dengan menciptakan kekurangan mereka. Selain itu, masukan tak terbarukan semakin menipis karena penggunaan mereka pantas seperti minyak, batubara dll.


02 - lingkungan dunia sangat terpengaruh oleh prosedur pantas produksi dari organisasi. Pendi

Post a comment for "Lingkungan Pemasaran"

Berlangganan via Email