Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Kepuasan Pelanggan (Aplication Theory 1)


Saat ini berkembang berbagai teori dan model kepuasan pelanggan, diantaranya psikologi, ekonomika, sosiologi, komunikasi, dan sebagaianya. berikut merupakan sekilas lima teori yang seringkali dijadikan acuan dalam riset kepuasan pelanggan.

The Expectancy Disconfirmation Model

Pada model ini, ada 2 variabel kognitif yang bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan. Yang pertama adalah prepurchase (expectation) yaitu keyakinan kinerja yang diantisipasi dari suatu produk atau jasa dan yang kedua adalah disconfirmation, yaitu perbedaan antara harapan sebelum membeli dan setelah membeli. Sedangkan dalam penilaian, ada 3 model. Yaitu yang pertama, apakah kinerja produk melebihi dari yang diharapkan, yang kedua apakah kinerja produk sama seperti yang diharapkan atau yang ketiga yaitu apakah kinerja produk bahkan lebih rendah dari yang diharapkan.

Equity Theory

Teori ini mengukur kepuasan seseorang dengan rasio hasil yang diperolehnya dibandingkan dengan input yang digunakan, apakah dirasakan fair atau adil. Atau dapat dikatakan bahwa orang akan merasa puas apabila manfaat terhadap produknya sama dengan manfaat yang diperoleh oleh orang lain.

Attributin Theory

Teori atribusi berkaitan dengan bagaimana individu menginterpretasikan peristiwa-peristiwa dan bagaimana ini berkaitan dengan pemikiran mereka dan perilaku. Teori Atribusi mengasumsikan bahwa orang mencoba untuk menentukan mengapa orang melakukan apa yang mereka lakukan, yaitu, atribut menyebabkan perilaku. Seseorang berusaha untuk memahami mengapa orang lain melakukan sesuatu yang mungkin satu atau lebih atribut menyebabkan perilaku itu.
Ada 3 penyebab dari kegagalan atau keberhasilan dari suatu hasil sehingga diketahui produk itu memang memuaskan atau tidak bagi pelanggan. Yaitu, Stabilitas, Locus of casuality dan controllability.

Assimilation Contrast Theory

Teori ini berpendapat bahwa konsumen mungkin menerima penyimpangan atau deviasi dari ekspektasinya dalam batas tertentu. Jika produk barang atau jasa yang dibeli dan dikonsumsi oleh pelanggan tidak terlalu berbeda dengan apa yang diharapkan, maka kinerja produk barang atau jasa tersebut akan diasimilasi atau diterima dan produk barang atau jasa yang bersangkutan akan dievaluasi secara positif alias dinilai memuaskan. Tetapi jika kinerja produk barang atau jasa justru melampaui zona penerimaan konsumen, maka perbedaan yang ada akan dikontraskan sehingga tampak lebih besar dari sesungguhnya. Teori kontras assimilasi ini menjelaskan kepuasan pelanggan dengan memakai dua teori sebelumnya (teori dissonansi kognitif dan teori kontras). Dalam kasus tingkat diskonfirmasi ekspektasi dan kinerja yang moderat, konsumen akan berperilaku sesuai dengan teori dissonansi kognitif. Tetapi jika tingkat diskonfirmasinya tinggi melampaui zona penerimaan, maka konsumen akan berperilaku sesuai dengan teori kontras, membesar-besarkan perbedaan antara ekspektasi dan kinerja produk.

Teori Proses-Bertentangan (Opponent-Process Theory)

Teori proses-bertentangan dari Landy ini menyatakan bahwa terdapat keseimbangan emosional pada diri seseorang saat seseorang itu memperoleh imbalan/ganjaran pada pekerjaan mereka. Dalam arti bahwa meskipun seseorang mendapakan imbalan sesuai dengan yang diharapkannya, tidak serta merta didominasi oleh rasa puas tetapi secara emosi masih berhubungan dengan rasa ketidakpuasan itu sendiri, meskipun mungkin dalam tingkat yang tidak signifikan. Emosi yang berlawanan tersebut meskipun lebih lemah, akan terus ada dalam jangka waktu yang lama. Digambarkan jika ada seseorang yang merasa terpenuhi kepuasan kerjanya dan kemudian ia merasa senang, maka pada suatu saat jika rasa senang itu menurun orang tersebut akan merasakan sedih sebelum kembali ke normal. Ini terjadi karena adanya emosi tidak senang (emosi berlawanan) yang tanpa sadar juga berlangsung dalam diri seseorang tersebut. Jadi dari apa yang dicontohkan diatas terlihat jelas bahwa manusia sebagai individu tanpa sadar telah mempertahankan keseimbangan emosional itu sendiri.

SOAL 1 (Point 60)

1. Silahkan ambil salah satu contoh perusahaan atau produk yang Anda ketahui betul!
2. Berikan contoh-contoh spesifik strategi yang dapat diterapkan di perusahaan atau produk yang sudah anda siapkan (pada soal 1) untuk tujuan berikut (Jika memang tidak ada strategi yang diterapkan, contoh perusahaan atau produk bisa lebih dari 1)
  • Menambah Jumlah Pemkai
  • Mempertahankan Kepuasan Pelanggan
  • Merebut Pelanggan Pesaing
  • Menarik Kembali Mantan Pelanggan
3. Dengan sudut pandang teori tertentu (5 teori kepuasan pelanggan yang sudah dijelaskan di atas) buatlah analisa atas contoh kasus dari perusahaan atau produk yang sudah anda pilih sebelumnya

Petunjuk Pengerjaan soal

  1. Untuk jawaban di ketik di word lalu di email ke email cegunawan28@gmail.com
  2. kesimpulan dari masing-masing jawaaban anda di tulis di kolom komentar yang ada di bawah dengan menyertakan nama dan Jurusan
  3. Tugas ini maksimal sudah diemail dan ditulis komentar pada Rabu 12 Desember pukul 15.00


11 comments for "Teori Kepuasan Pelanggan (Aplication Theory 1)"

  1. Nama: Agus Sobandi
    Jurusan: Administrasi Bisnis
    kesimpulan:SOAL 1

    1. Nama perusahaan yang sama ambil adalah Xiomi INC
    2.1 Menambahkan jumlah pemakainya
    Pihak perusahaan dalam menambahkan jumlah pemakainya demi produknya laku di pasaran maka pihak Xiomi menggunakan strategi pemasaran yang sangat unik yaitu dengan cara menawarkan hardware kualitas tinggi dengan harga murah yang tertanam di dalam handphonenya.
    2.Mempertahankan kepuasan pelanggan
    Cara xiomi mempertahankan kepuasan pelanggannya adalah dengan cara memberikan harga yang murah dan kualitas hardware kualitas tinggi, yang telah saya tadi jelaskan dalam strategi pemasarannya xiomi dan itulah yang membuat konsumen merasa puasa demi menjaga kepuasan dari pelanggan-pelanggannya.
    3.Merebut pelanggan pesaing
    a. Harga murah
    Ponsel besutan Xiaomi hampir semuanya ditawarkan dengan harga yang menarik
    b. Dukungan dari komunitas yang kuat
    Harga smarphone Xiaomi yang cenderung murah membuat banyak orang akhirnya penasaran dan akhirnya berkembang mencintai vendor dari Tiongkok ini. Perkembangan pengguna yang banyak juga memunculkan komunitas yang kuat (Mi Fans).
    c. MIUI
    Xiaomi bukan hanya memiliki fans untuk device yang mereka produksi tetapi juga lantaran MIUI-nya. Bagi yang belum tahu, MIUI ini adalah firmware yang bisa dibilang sebagai OS yang berbasis Android.
    d. Diproduksi oleh Perusahaan Inovatif
    Xiaomi mampu mengungguli perusahaan besar semacam Dell, Honda, Intel, dan Huawei. Karena diakui sebagai perusahaan yang paling inovatif, dapat dikatakan produk dari Xiaomi (terutama smarphone pintar besutan Xiaomi) memiliki value yang lebih.
    e. Desain smarphone yang elegan
    Hape yang diproduksi Xiaomi umumnya hadir dengan desain yang unik dan elegan. Xiaomi tidak mencoba meniru gaya desain hape mirip hape pintar terkemuka.

    4. Menarik kembali mantan pelanggan
    Tentunya dalam menarik mantan pelanggan yang pernah mencoba smarphone xiomi dan pada saat konsumen menggunakan smarphonenya tersebut pihak konsumen merasa tidak puas karna menurut saya semua produk mempunyai kelemahannya masing-masing maka dari itu untuk menarik mantan pelanggan maka, pihak xiomi harus bisa mengatasi kelemahan dari produknya sehingga mantan pelanggan yang pernah menggunakan smarphone itu dapat lagi menjadi pelanggan setia dari smarphone xiomi.

    3. Analisa dan contoh kasus
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, perusahaan yang baru saja didirikan 5 tahun lalu di tahun 2010 itu telah mengambil alih pasar mobile raksasa kembar Samsung dan Apple di Cina. Semuanya ini menjadi mungkin karena strategi pemasaran mereka yang unik yang menawarkan hardware kualitas tinggi dengan harga murah yang tertanam di dalam handphone-nya. Diharapkan sekitar 500 juta smartphone akan terjual hanya di Cina pada tahun 2015, yang akan menjadi tiga kali lipat lebih banyak daripada yang terjual di Amerika Serikat. Hingga saat ini, perusahaan telah mengumpulkan 6 tahap pendanaan untuk ekspansi dan perencanaan pengembangan produknya. Xiaomi sekarang adalah pembuat smartphone terbesar ketiga di dunia disusul oleh Lenovo dan LG di urutan keempat dan kelima. Samsung dan Apple memegang posisi pertama dan kedua berurutan.
    Bisa di simpulkan bahwa perusahaan yang baru berdiri ini bisa bersaing dengan perusahaan yang ada adalah dengan cara memberikan kepuasannya terhadap konsumennya dengan contoh harganya yang murah, desain smarphonenya menarik dan spesifik perangkatnya yang baik dll sehingaa bisa menjadikan perusahaan dan produknya ini menjadi perusahaan terbaik smarphone ketiga dari perusahaan yang lain.

    ReplyDelete
  2. Nama : Elisya Pramana Putri
    Prodi : Administrasi Bisnis

    1. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan (Indomie).

    2. Strategi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam:
    a. Menambah Jumlah Pemakai
    Strategi yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan khususnya Indomie yaitu gencar melakukan promosi-promosi misalnya dengan cara buy 1 get 1. Promosi tersebut bisa juga melalui iklan, baik online maupun offline.
    b. Mempertahankan Kepuasan Konsumen
    Strategi yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan khususnya Indomie yaitu menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan.
    c. Merebut Pelanggan Pesaing
    Strategi yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan khususnya Indomie yaitu selalu mendirikan unit-unit bisnis pendukungnya untuk mencapai keinginan terciptanya satu sistem produksi yang terintegrasi, dengan adanya sistem tersebut PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dapat dengan mudah merebut pelanggan pesaing.
    d. Menarik Kembali Mantan Pelanggan
    Strategi yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan khususnya Indomie agar menarik kembali mantan pelanggan yaitu melakukan diferensiasi produk atau meningkatkan penjualan dengan cara memodifikasi produk yang ada yaitu dengan menambah varian rasa baru dan promosi iklan yang mengusung tema selera nusantara.

    3. Saat ini mie instan sudah menjadi makanan favorit bahkan menjadi makanan pengganti nasi. Pergeseran pola konsumsi masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan, khususnya industri mie instan. Salah satu produsen mie instan terbesar di Indonesia saat ini adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Berdasarkan the expectancy disconfirmation model kepuasan konsumen ketika mengonsumsi produk dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan khususnya Indomie jika dilihat dari model penilaian pada rasa mie tertentu Indomie telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen atau persamaan antara harapan sebelum dan sesudah mengonsumsi telah sesuai dengan apa yang diinginkan.

    ReplyDelete
  3. Nama: Intan Noor A
    Jurusan: Adm Bisnis 7

    a. Menambah Jumlah Pemakai
    Dahulu, produk maybelline hanya bisa diminati oleh kelas menengah ke atas karena harganya yang terbilang cukup mahal dibanding bran kosmetik lainnya. Tetapi sekarang maybelline sudah mencoba strategi untuk merangkul segmen demografis yang lebih luas, tidak hanya kaum wanita dewasa tetapi tingkatan remaja pun menjadi sasaran produk maybelline ini. Selain itu, maybelline semakin menambah varian produk dan menentukkan harga yang lebih murah dibeberapa produk make-up inti

    b. Mempertahankan kepuasan pelanggan
    Dalam mempertahankan kepuasan para pelanggannya, Maybelline semakin meningkatkan kualitas dari produknya dan selalu menambah varian-varian produk yang dimilikinya. Variasi produk yang dimiliki Maybelline adalah lebih dari 200 produk dengan tidak mengesampingkan manfaat dari produk itu sendiri

    c.Merebut pelanggan pesaing
    Maybelline juga menggaet sejumlah beauty influencer muda untuk me-review disetiap produk-produk terbaru yang dimilikinya hal ini dilakukan agar para konsumen mudah tertarik dengan produk Maybelline itu sendiri. Selain itu positioning Maybelline “Maybe its Maybelline” sudah sangat melekat dikalangan masyarakat terlebih remaja sehingga produk-produk Maybelline menjadi pilihan yang tepat untuk mereka beli.

    d. Menarik kembali mantan pelanggan
    Strategi yang dilakukan Maybelline adalah memperkenalkan filosofi terbarunya yang berbunyi berbunyi “Make It Happen”. Maybelline berkomitmen untuk menghadirkan produk make up yang mampu menginspirasi seluruh perempuan untuk lebih percaya diri

    ReplyDelete
  4. Nama : Rani Merlina
    Prodi : Administrasi Bisnis

    Produk yang akan di ulas yaitu smartphone “Xiaomi”

    Strategi yang dapat diterapkan pada produk smartphone Xiaomi
    - Strategi untuk menambah jumlah pemakai
    Terus melakukan sistem penjualan cepat atau flash sale. metode flash sale sangat efektif untuk menekan biaya pemeliharaan dan juga gudang penyimpanan, sehingga smartphone xiaomi dapat di jual dengan harga yang rendah dibandingkan dengan brand lainya yang mempunyai kualitas yang sama.
    - Strategi untuk menambahkan kepuasan pelanggan
    Terus melakukan inovasi, salah satunya menambahkan fitur-fitur pendukung untuk menunjang aktivitas pengguna sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi
    - Strategi untuk merebut pelanggan pesaing
    Tunjukan kepada calon pelanggan bahwa Xiaomi bukan hanya menjual harga yang murah tetapi juga menawarkan produk yang berkualitas tinggi.
    - Strategi menarik kembali mantan pelanggan
    Menciptakan produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar dan tren saat ini, cari tahu apa penyebab mereka meninggalkan produk xiaomi dan jangan lupa untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh mantan pelanggan xiaomi. Dengan hal tersebut perusahaan akan melakukan evaluasi dan improve produk sehingga mantan pelanggan akan kembali lagi.

    Berdasarkan Equity Theory, para pelanggan xiaomi mengaku puas dengan produk smartphone xiaomi yang mereka gunakan, karena mereka telah mendapatkan produk smartphone kualitas tinggi dengan harga yang lebih rendah. Kepuasaan pelanggan xiaomi pun sama dengan pelanggan lainnya yang menggunakan brand berbeda tetapi dengan harga yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  5. Fidia Mardini
    Administrasi Bisnis 7

    OPPO merupakan salah satu brand smartphone global yang sukses menggarap pasar Indonesia,Strategi yang digunakan Smartphone OPPO untuk;
    1. Menambah Jumlah Pemakai
    Oppo meningkatkan strategi untuk menambah pemakai dengan jeli membaca kebutuhan pasar. Dengan tagline nya “Selfie Expert” oppo mampu menciptakan kebutuhan smartphone di jaman milenial yaitu dengan berfokus pada kemampuan menghasilkan foto selfie yang baik.
    2. Mempertahankan Kepuasan Pelanggan, oppo tidah henti-hentinya untuk memahami perilaku konsumen di Indonesia dalam membeli dan mempergunakan smartphone
    3. Merebut Pelanggan Pesaing, Berbekal jargon “Selfie Expert” oppo sukses memikat konsumen smartphone Indonesia dengan mengandalkan kualitas kamera depan yang mumpuni.
    4. Menarik Kembali Mantan Pelanggan
    Untuk menarik kembali mantan pelanggannya, oppo terus mengembangkan dan berfokus pada kualitas kamera depan untuk menghasilkan foto selfie yang baik, namun begitu oppo juga akan hadir dengan inovasi-inovasi baru.
    The Expectancy Disconfirmation Model, yaitu perbedaan antara harapan sebelum membeli dan setelah membeli. Dilihat dari pengalaman saya, penilaian terhadap pembelian oppo itu sendiri adalah puas, mengapa? Karena kinerja yang diharapkan dari oppo saat pra pembelian adalah melebihi dari harapan saya.

    ReplyDelete
  6. Diky aulia akmal
    Administrasi bisnis
    Perusahaan Samsung
    Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Perusahaan ini sampai saat ini juga menjadi salah satu brand terbesar di Dunia dengan mengeluarkan smartphone yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget.
    Strategi yg digunakan
    Menambah jumlah pemakai
    Samsung menerapkan strategi menambah jumlah pemakai yaitu dengan mengeluarkan model smartphone terbaru dengan memberikan teknologi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman dan menciptakan produk smartphone terbaru di era milenial dengan berfokus pada inovasi produk terbarunya dan camera yang jauh lebih baik untuk selfie dengan tagline nya “more than selfie” dan juga camera videonya untuk vlogging.
    Mempertahankan kepuasan pelanggan
    Cara untuk mempertahankan pelanggan samsung yaitu dengan banyaknya store offline yang tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Dengan demikian akan membantu konsumen untuk mempermudah proses pembelian hp Samsung serta langsung berkonsultasi terkait hp yang akan di beli di dtore Samsung yang ada.
    Merebut pelanggan pesaing
    Samsung beranggapan bahwa pada zaman milenial sekarang tidak hanya fokus pada camera selfienya saja tetapi juga memberikan penekanan pada fitur perekam video karena sekarang para pengguna smartphone memiliki kecenderungan bercerita lewat vlogg.
    Menarik kembali mantan pelanggan
    Untuk menarik kembali mantan pelanggan, Samsung terus melakukan dan mengembangkan inovasi produknya dan berfokus pada kualitas desain terbaru dan tekhnologi serta memberikan camera terbaik untuk poto selfie dan fitur perekam videonya oleh karena itu Samsung sekarang hadir dengan mempunyai banyak jenis model smartphone terbaru di antaranya seperti Samsung galaxy j7 pro dan j5 pro.
    The Expectancy Disconfirmation Model
    yaitu merupakan perbedaan antara harapan sebelum membeli dan setelah membeli. Dilihat dari pengalaman saya, penilaian terhadap pembelian hp Samsung itu sendiri adalah puas, mengapa? Karena kinerja yang diharapkan dari Samsung saat pra pembelian adalah melebihi dari harapan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diky aulia akmal
      Administrasi bisnis.

      1.Perusahaan Samsung
      Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Perusahaan ini sampai saat ini juga menjadi salah satu brand terbesar di Dunia dengan mengeluarkan smartphone yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget.
      2 Strategi yg digunakan
      A. Menambah jumlah pemakai
      Samsung menerapkan strategi menambah jumlah pemakai yaitu dengan mengeluarkan model smartphone terbaru dengan memberikan teknologi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman dan menciptakan produk smartphone terbaru di era milenial dengan berfokus pada inovasi produk terbarunya dan camera yang jauh lebih baik untuk selfie dengan tagline nya “more than selfie” dan juga camera videonya untuk vlogging.
      B.Mempertahankan kepuasan pelanggan
      Cara untuk mempertahankan pelanggan samsung yaitu dengan banyaknya store offline yang tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Dengan demikian akan membantu konsumen untuk mempermudah proses pembelian hp Samsung serta langsung berkonsultasi terkait hp yang akan di beli di dtore Samsung yang ada.
      C. Merebut pelanggan pesaing
      Samsung beranggapan bahwa pada zaman milenial sekarang tidak hanya fokus pada camera selfienya saja tetapi juga memberikan penekanan pada fitur perekam video karena sekarang para pengguna smartphone memiliki kecenderungan bercerita lewat vlogg.
      D. Menarik kembali mantan pelanggan
      Untuk menarik kembali mantan pelanggan, Samsung terus melakukan dan mengembangkan inovasi produknya dan berfokus pada kualitas desain terbaru dan tekhnologi serta memberikan camera terbaik untuk poto selfie dan fitur perekam videonya oleh karena itu Samsung sekarang hadir dengan mempunyai banyak jenis model smartphone terbaru di antaranya seperti Samsung galaxy j7 pro dan j5 pro.
      The Expectancy Disconfirmation Model
      yaitu merupakan perbedaan antara harapan sebelum membeli dan setelah membeli. Dilihat dari pengalaman saya, penilaian terhadap pembelian hp Samsung itu sendiri adalah puas, mengapa? Karena kinerja yang diharapkan dari Samsung saat pra pembelian adalah melebihi dari harapan saya.

      Delete
  7. Ferinda Rahayu
    1. Amerta Indah Otsuka
    PT. Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaaan yang memasarkan produk minuman Pocari Sweat di  Indonesia.Belakangan ini selain memproduksi minuman isotonik dengan merk Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli dengan merk SOYJOY. PT. Amerta Indah Otsuka  memproduksi produk minuman isotonik seperti Pocari Sweat. Sebagai minuman isotonik, fungsi Pocari adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat olah raga atau dehidrasi. Komposisinya sengaja dibuat mirip dengan cairan yang ada dalam tubuh manusia.
    2.strategi yang diterapkan PT. Amerta Indah Otsuka
    E-business channel priorities.
    Organizational Restructuring and Capabilities.
    Business,Service and Revenue Model.
    Marketplace Restrukturing.
    Market & Product development strategies.
    Positioning and differentiation strategies.

    Menambah Jumlah konsumen
    Media iklan-lah yang menjadi strategi untuk meningkatkan brand awareness dari konsumen terhadap merek lain Pocari Sweat lebih banyak memposisikan dirisebagai minuman olahraga dan minuman kesehatan untuk keluarga. Sedangkan, kebanyakan pesaing memposisikan diri sebagai minuman pemulih energi
    Mempertahankan Kepuasan Pelanggan
    PT. Amerta Indah Otsuka memberikan apresiasi bagi para konsumen dengan memberikan reward bagi mereka yang membeli Pocari Sweat, dan yang mengikuti informasi seputar Pocari Sweat lewat Twitter maupun Facebook resmi Pocari Sweat. Dalam hal ini, Pocarian dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kesempatan memenangkan merchandise menarik, hingga hadiah utama berupa biaya pendidikan sebesar Rp 150 juta dan kesempatan belajar bahasa ke Jepang.

    ReplyDelete
  8. Ferinda Rahayu
    3.analisa Contoh Kasus Dari Perusahaan
    PT. AIO kerap melanggar ketentuanhukum di Bidang Ketenagakerjaan. Sejumlah pelanggaran yang dilakukan adalahsebagai berikut.
    a. Penerapan Sistem Outsourcing
    PT. AIO mempekerjakan ratusan karyawan outsourcing (denganmenggandeng agen tenaga kerja bernama PT. Muhasatama Perdana) padaunit-unit kerja yang merupakan bagian dari rangkaian proses produksi yangmerupakan kegiatan inti (core business). Menempatkan karyawan outsourcingpada unit kerja inti jelas bertentangan UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003Pasal 66 ayat (1).Oleh karenanya secara hukum sesungguhnya para karyawan tersebut adalahkaryawan langsung dari PT. AIO dan berstatus karyawan tetap karenaoutsourcing yang dilakukan batal demi hukum. Keberadaan PT. Muhasatamasebagai penyalur harus dikesampingkan. Terlebih, sebagian karyawan ketikapertama kali melamar kerjanya adalah ke PT AIO, namun dalam perjalanannyaternyata dialihkan ke penyalaur PT Muhasatama. Ini juga merupakan pembohongan.
    b. Penerapan Sistem Kontrak
    Demikian pula dengan sistem kerja kontrak. Para karyawan mengerjakanpekerjaan yang bersifat tetap dan berkelanjutan (bukan musiman dansewaktu-waktu), namun mereka diikat oleh sistem kontrak (PKWT). Bahkan adadiantaranya yang sampai 6 tahun berstatus kontrak dengan perpanjangankontrak lebih dari 1 kali. Mengingat para karyawan tersebut bekerja secaraterus menerus, maka status PKWT mereka sesungguhnya demi hukumberubah menjadi karyawan tetap atau PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu TidakTertentu) sesuai ketentuan pasal 59 ayat (7) UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun2003.Dari bebrapa masalah yang pernah terjadi PT. Amerta Indah Otsuka dengan Teori Proses-Bertentangan (Opponent-Process Theory) dimanaTeori proses-bertentangan ini menyatakan bahwa terdapat keseimbangan emosional pada diri seseorang saat seseorang itu memperoleh imbalan/ganjaran pada pekerjaan mereka. Dalam arti bahwa meskipun seseorang mendapakan imbalan sesuai dengan yang diharapkannya, tidak serta merta didominasi oleh rasa puas tetapi secara emosi masih berhubungan dengan rasa ketidakpuasan itu sendiri, meskipun mungkin dalam tingkat yang tidak signifikan. Dimana karyawan PT. Amerta Indah Otsuka terdapat keseimbangan emosional pada diri seseorang saat seseorang memperoleh imbalan pada karyawan dengan adanya Penerapan Sistem Kerja HarianDan penerapan Sistem Kontrak yang tidak sesuai.

    ReplyDelete
  9. Nama : Adita Ayustiana
    Prodi : Administrasi Bisnis

    TOYOTA
    1. Menambah Jumlah Pemakai
    Melakukan iklan di TV, Media sosial dan lain-lain dengan design grafis yang menarik dan memperlihatkan kecanggihan.
    2. Mempertahankan Kepuasan Pelanggan
    Bahan bakarnya irit contohnya untuk Avanza yang merupakan mobil SUV tapi bahan bakarnya dibuat lebih irit lagi oleh pihak Toyota dan bisa di akses dimana saja dan kapan saja.
    3. Merebut Pelanggan Pesaing
    Cakupan distribusi produk Toyota sudah hampir menyeluruh di seluruh wilayah di Indonesia.
    4. Menarik Kembali Mantan Pelanggan
    Inovasi tiada henti dari segi mesin, kerangka, dan desain mobil terus dikembangkan dengan menyesuaikan pada hasil riset terhadap kebutuhan konsumen. Inovasi ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan utamanya yaitu untuk menciptakan ever-better cars untuk para pelanggan.
    Analisa Toyota
    a. The Expectancy Disconfirmation Model
    Dari segi Prepurchase (expectation) kinerja yang diberikan oleh Toyota tidak mengecewakan dan melebihi apa yang kita pikirkan atau bayangkan tentang produknya. Apa yang diberikan oleh Toyota melebihi apa yang ditawarkannya.
    b. Equity Theory
    Pelanggan merasa lebih puas untuk Toyota Calya dengan perbedaan harga 3 juta lebih mahal dari Daihatsu Sigra tapi fasilitas yang diberikan lebih banyak contohnya adanya sit belt untuk balita untuk Toyota Calya yang membuat pelanggan akan merasa jauh lebih puas terhadap apa yang diberikan Toyota dan pelanggan akan merasa Puas untuk itu.
    c. Attributin Theory
    Toyota melihat dan selalu mengamati permintaan pasar atau pelanggan sehingga mereka tau harus berbuat apa salah satunya mobil murah dan irit.
    d. Assimilation Contrast Theory
    Konsumen yang membeli akan melakukan promosi secara tidak langsung kepada teman ataupun keluargnya tentang apa yang mereka rasakan dan nikmati dari Toyota. Karena apa yang diberikan melebihi apa yang ditawarkan dan dengan harga yang murah dan bahan bakar yang irit ini membuat Toyota semakin digandrungi oleh masyarakat.
    e. Teori Proses-Bertentangan (Opponent-Process Theory)
    Untuk teori ini Toyota akan melakukan inovasi secara berkala yang membuat pelanggan akan terus merasa nyaman dan puas karena dengan inovasi ini kepuasan mereka akan meningkat bukannya menurun. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak lari kepada pesaing dan hal ini membuat pelanggan akan merasa puas karena inovasinya tersebut.Analisa Toyota
    a. The Expectancy Disconfirmation Model
    Apa yang diberikan oleh Toyota melebihi apa yang ditawarkannya salah satu contohnya untuk segi kenyamanan dan keamanan Toyota Calya sekarang di bangku keduanya ada 3 head rest dinding pesaingnya Daihatsu Sigra yang hanya menawarkan 2 head rest di bangku ke 2.
    b. Equity Theory
    Dari segi Equity Theory pelanggan merasa lebih puas untuk Toyota Calya dengan perbedaan harga 3 juta lebih mahal dari Daihatsu Sigra tapi fasilitas yang diberikan lebih banyak dengan adanya sit belt untuk balita untuk Toyota Calya yang membuat pelanggan akan merasa jauh lebih puas terhadap apa yang diberikan Toyota dan pelanggan akan merasa Puas untuk itu.
    c. Attributin Theory
    Toyota melihat dan selalu mengamati permintaan pasar atau pelanggan sehingga mereka tau harus berbuat apa salah satunya mobil murah dan irit. Sehingga Toyota meluncurkan produk mobil murah dan irit salah satunya Toyota Avanza dan ini memenuhi apa yang diinginkan oleh para konsumennya. Sehingga pelanggan akan memilih Toyota dibandingkan para pesaingnya.
    d. Assimilation Contrast Theory
    Konsumen yang membeli akan melakukan promosi secara tidak langsung kepada teman ataupun keluargnya tentang apa yang mereka rasakan dan nikmati dari Toyota.
    e. Teori Proses-Bertentangan (Opponent-Process Theory)
    Untuk teori ini Toyota akan melakukan inovasi secara berkala yang membuat pelanggan akan terus merasa nyaman dan puas karena dengan inovasi ini kepuasan mereka akan meningkat bukannya menurun.

    ReplyDelete
  10. Bella Putri Flandina
    Administrasi Bisnis 7

    Perusahaan PT Paragon Technologi and Innovation Produk Wardah kosmetik

    - Menambah Jumlah Pemakai
    Wardah menggunakan strategi ini dengan memproduksi lebih banyak lagi produk-produk yang sudah dipasarkan. Tujuan dalam strategi ini yaitu untuk meningkatkan target penjualan yang akan membawa wardah menjadi brand nomer 1. Selain memasarkan melalui media pasar, wardah juga menggunakan media iklan dan promosi lainnya untuk meyakinkan pelanggan ataupun pembeli yang baru menggunakan produk wardah.

    - Mempertahankan Kepuasan pelanggan
    Strategi dalam mengembangkannya yaitu dengan Wardah akan selalu membuat produk-produk baru yang sesuai dengan trend yang sedang berlangsung untuk meningkatkan penjualan. Melalui tim Proyek (Tim Interdisipliner), strategi ini dapat mudah dijalankan oleh perusahaan dengan peluang berinovasi yang besar.

    - Merebut Pelanggan Pesaing
    Strategi ini bertujuan meningkatkan pemasaran produk yang telah ada untuk melewati pesaing-pesaing pasar baru dengan meluaskan pangsa pasar serta menciptakan produk baru maupun dengan menambahkan keistimewaan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini berkaitan dengan pernyataan bahwa Wardah bukan hanya untuk wanita beragama islam namun telah berkembang menjadi lebih maju yang dapat dinikmati oleh universal.

    - Menarik kembali Mantan Pelanggan
    Untuk strategi ini perusahaan menambahkan produk baru khusus untuk para pembeli yang baru memakai produk Wardah. Ini bertujuan agar bisnis yang dijalankan dapat menghasilkan perluasan produk dengan memakai teknologi yang terbaru yang sesuai dengan zaman. Strategi ini dapat membawa keuntungan bagi perusahaan seperti Wardah membuka salon khusus.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email