Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Pasar (Market Strategy)


Strategi Pasar (Market Strategy) berkenaan dengan perspektif pasar yang dilayani. Perspektif ini dapat ditentukan dengan berbagai cara. Sebagai contoh dalam hal lingkup pasar, perusahaan dapat memutuskan untuk melayani pasar keseluruhan atau hanya terkonentrasi pada segmen pasar kunci. Secara garis besar, strategi pasar dapat diklasifikasikan menjadi 5 Kelompok yaitu :

Strategi Cakupan Pasar
  • Strategi Pasar Tunggal
  • Strategi multi-pasar
  • Strategi Pasar Keseluruhan

Strategi Geografis Pasar
  • Strategi Pasar Lokal
  • Strategi Pasar Regional
  • Strategi Pasar Nasional
  • Strategi Pasar Internasional

Strategi memasuki Pasar
  • First in strategy
  • Early Entry Strategy
  • Laggard market entry strategy

Strategi Komitmen Pasar
  • Strong commitment strategy
  • Average comitment strategy
  • Light comitment strategy

Market-Dilution Strategi
  • Strategy demarketing
  • Prunning of marginal market strategy
  • key markets strategy
  • Harvasting strategy

SOAL II (Point 40)

  1. Dari penjelasan di atas, pilih 3 strategy yang paling anda kuasai dan pahami!
  2. Berikan contoh dan jelaskan perusahaan yang menerapkan secara spesifik dari strategi tersebut (no 1)  (Penjelasan bisa didukung dengan pendekatan teori-teori lain seperti Undifferianted Marketing, Differentiated Marketing, Cocentrated Marketing dan Micro Marketing)

Petunjuk Pengerjaan


  1. Untuk jawaban masing-masing kasus di ketik di word (disatukan dengan soal no 1) lalu di email ke email cegunawan28@gmail.com
  2. kesimpulan singkat dari masing-masing jawaaban anda di tulis di kolom komentar yang ada di bawah dengan menyertakan nama dan Jurusan
  3. Tugas ini maksimal sudah diemail dan ditulis komentar pada Jum'at 12 Desember pukul 15.00

13 comments for "Strategi Pasar (Market Strategy)"

  1. strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

    Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.

    ReplyDelete
  2. strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

    Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.

    ReplyDelete
  3. strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

    Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.

    ReplyDelete
  4. strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

    Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.

    ReplyDelete
  5. strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

    Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.

    ReplyDelete
  6. Nama: Agus Sobandi
    Jurusan: Administrasi Bisnis
    kesimpulan:SOAL 2

    1. 1. Strategi pasar nasional
    Pada dasarnya strategi ini sering digunakan pada perusahaan yang berada di Indonesia dikarenakan segmen pasar sangatlah besar. Karena biasanya perusahaan di Indonesia ingin sekali untuk menguasai pasar Indonesia secara menyeluruh, ini dikarenakan masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang cukup konsumtif.
    2. strategi pasar internasional
    Dalam strategi ini cakupan wilayahnya sangatlah luas, yaitu meliputi antar negara. Sehingga strategi ini sangatlah membutuhkan manajemen yang sangat kuat agar dapat menghadapi perusahaan-perusahaan lokal yang memproduksi produk yang sama dengan perusahaan kita.
    3. Strong-Commitment Strategy
    Dalam perusahaan yang akan menerapkan strategi ini dituntut agar dapat melakukan perencanaan operasinya dalam pasar yang sudah ditujunya secara optimal, yaitu dengan mencapai skala ekonomis dalam berbagai hal seperti promosi, distribusi, pemanufakturan, dan sebagainya

    2. Contoh perusahaan yang menerapkan strategi tersebuat
    PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia.
    Bisa dapat di lihat PT. Indofood ini sudah menggunakan strategi pasar nasional karena perusahaan ini adalah perusahaan nasional yang sudah mencakup segmen pasar yang ada di Indonesia yang pangsa pasarnya sudah ada di seluruh Indonesia dan menjadikan perusahaan ini sebagai perusahaan yang meningkatkan pertumbuhan dan jangkauan pelayanan kepada masyarakat
    Setelah Indofood ini menggunakan strategi nasional tentunya perusahaan ini tidak berfokus pada satu strategi ini tetapi melainkan berfokus pada strategi internasional karena perusahaan ini sudah go internasional yang produknya sudah mengekspor produknya ke berbagai negara contonya ke semua asia dan luar asia seperti Australia dan eropa setelah perusahaan ini menggunakan 2 strategi tentunya pihak perusahaan dalam memajukan perusahaannya menggunakan strategi Strong-Commitment Strategy Karena strategi ini sangatlah di perlukan oleh semua perusahaan dalam memasarkan produknya ke seluruh Indonesia maupun luar negri contohnya itu seperti memastikan dari segi promosi, distribusi, pemanufakturan, dan sebagainya.
    Agar perusahaan Indofood ini dalam segala halnya sudah memenuhi semua lini yang ada demi memasarkan dengan baik dan serta menjaga ke stabilan dari para pesiangnya dan inilah yang harus di perhatikan oleh perusahaan Indofood tersebut.


    ReplyDelete
  7. Nama : Elisya Pramana Putri
    Prodi : Administrasi Bisnis

    1. Strategi memasuki Pasar
    a. First in strategy
    b. Early Entry Strategy
    c. Laggard market entry strategy

    2. Contoh produk mie instan (Indomie) milik PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, strategi memasuki pasar yang dilakukan yaitu menggunakan first in strategy. Pada strategi ini perusahaan berusaha menjadi pionir dengan jalan memasuki pasar pertama kali sebelum ada perusahaan lain yang melakukannya, dan terbukti sampai saat ini Indomie sukses menjadi market leader untuk produk mie instan di Indonesia. Sedangkan strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk pada produk mie instan khususnya Indomie yaitu menggunakan Differentiated Marketing (Strategi Pemasaran dengan Pembeda) sesuai dengan kebutuhan konsumen. Berbagai variasi kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen menjadi faktor yang menyebabkan Indomie membedakan target pasar mereka.

    ReplyDelete
  8. Nama : Rani Merlina
    Prodi : Administrasi Bisnis

    Strategi pasar yang diambil
    - Strategi cakupan pasar
    - Strategi geografis pasar
    - Market-Dilution Strategi

    Contoh perusahaan yang menerapkan strategi pasar diatas
    - Perusahaan xiaomi mengunakan strategi cakupan pasar multipasar.
    Perusahaan berusaha melayani beberapa pasar yang berbeda salah satunya produk xiaomi yaitu: Smartphone, Mi TV, Mi Box, Mi Cloud, Mi Talk, Mi Powerbank, Mi Band, Yi Action Camera, Audiophile, Ninebot Mini, Mi Notebook dan lain-lain.
    - Perusahaan xiaomi menggunakan strategi geografis pasar internasional.
    Untuk mencapai tujuan penjualan produknya Xiaomi mampu membaca pasar pasar dengan baik, Selain dipasarkan dinegara asalnya di China Xiaomi juga memperluas pasar nya ke 11 negara yang berbeda yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, India, Indonesia, Thailand, Vietnam, Rusia, Turki, Brasil dan Meksiko.
    - Perusahaan xiaomi menggunakan Market-Dilution key markets strategy.
    Perusahaan membidik pasar menengah dengan menawarkan harga produk yang murah dengan kualitas yang tinggi.

    ReplyDelete
  9. Fidia Mardini
    Administrasi Bisnis

    Contoh perusahaan yang menerapkan strategi:
    1. Strategi Cakupan Pasar
    1) Strategi Pasar Tunggal, Contoh dari produk yang menerapkan strategi pasar tunggal ini adalah jasa pencuci sepatu, dimana jenis usaha ini belum banyak digemari oleh kalangan pengusaha, juga masih sedikit ditemukan untuk jenis usaha ini.
    2) Strategi multi-pasar, Contoh dari perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah indofood, dimana indofood tidak hanya menghasilkan produk makanan bermerek, tapi juga menghasilkan produk dibidang bogasari, agribisnis dan distribusi, sehingga segmentasi dari berbagai produk tidak hanya satu segmentasi saja.
    3) Strategi Pasar Keseluruhan, Contoh perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah salah satunya Coca cola, dimana coca cola bergerak dibidang minuman dengan menghasilkan produk dengan berbagai macam variasi rasa, susu indomilk, yang kini juga mengeluarkan berbagai varian rasa.
    2. Strategi Geografis Pasar
    1) Strategi Pasar Lokal, Contoh produk dari strategi ini adalah produk batik asli indonesia, misalnya batik solo, pemasarannya masih dilakukan di pasar lokal karena mayoritas masyarakat sekitar solo yang menggunakan batik
    2) Strategi Pasar Regional, Contoh perusahaan yang menerapkan strategi ini diabetasol, diabetasol berhasil menjadi market leader di Filipina
    3) Strategi Pasar Nasional, Contoh perusahaan dengan strategi pasar nasional adalah PT Tirta Bahagia yang merupakan perusahaan air minum dalam kemasan yang telah berdiri dari tahun 1988. Dalam perkembangannya hingga saat ini, PT Tirta Bahagia sudah mempunyai 17 pabrik AMDK di seluruh Indonesia
    4) Strategi Pasar Internasional, PT Sidomuncul sudah mengekspor produknya ke berbagai negara diseluruh dunia dengan brand yang sudah terkenal seperti tolak angin, kuku bima, kunit asam, fatrafer dan new hemoroa

    ReplyDelete
  10. Diky Aulia Akmal
    Administrasi bisnis

    1.Strategi cakupan pasar
    A. pasar tunggal
    Contoh dari produk yg menerapkan pasar tunggal yaitu produk barang antik, dimana jenis usaha ini belum banyak digemari oleh kalangan pengusaha, juga masih sedikit ditemukan untuk jenis usaha ini.
    B. Strategi Multi Pasar
    Contoh dari perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah indofood, dimana indofood tidak hanya menghasilkan produk makanan bermerek, tapi juga menghasilkan produk dibidang bogasari, agribisnis dan distribusi, sehingga segmentasi dari berbagai produk tidak hanya satu segmentasi saja.
    C. strategi keseluruhan
    Contoh perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah salah satunya mayora, dimana mayora bergerak dibidang kue dengan menghasilkan produk dengan berbagai macam variasi rasa, kopi,dan selai olai yang kini juga mengeluarkan berbagai varian rasa.
    2.Strategi geografis pasar
    A. Strategi pasar lokal
    Contoh produk dari strategi ini adalah produk asli Indonesia yaitu produk tolak angina dari PT sidomuncul.
    PT Sidomuncul didirikan dari sebuah industri rumah yang dikelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di Yogyakarta pada tahun 1940 yang pada awalnya hanya memiliki 3 karyawan, namun saat ini PT Sidomuncul sudah mengekspor produknya ke berbagai negara diseluruh dunia dengan brand yang sudah terkenal seperti tolak angin, kuku bima, kunit asam, fatrafer dan new hemoroa. Kita dapat menemukan produk dari PT Sidomuncul bahkan di eropa sekalipun, namun pabriknya masih berada di Indonesia.
    B. Strategi Pasar Regional
    PT sidomuncul merupakan perusahaan yang menempatkan produknya di seluruh wilayah Indonesia dan tidak hanya ada di beberapa daerah saja
    C. Strategi Pasar Nasional
    PTsidomuncul merupak perusahaan yang beroperasi secara nasioal dengan mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan demikian pt sidomuncul bertumbuh dengan cepat dan dapat menghasilkan banyak pendapatan dari produk yg dikeluarkannya.
    D. Strategi pasar internasional
    PT Sidomuncul sudah mengekspor produknya ke berbagai negara diseluruh dunia dengan brand yang sudah terkenal seperti tolak angin, kuku bima, kunit asam, fatrafer dan new hemoroa. Kita dapat menemukan produk dari PT Sidomuncul bahkan di eropa sekalipun, namun pabriknya masih berada di Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Nama : Adita Ayustiana
    NIM : 15031031
    Prodi : Administrasi Bisnis

    a. Strategi Pasar Regional

    Makuta Bandung hanya ada di daerah Bandung Jawa Barat saja. strategi pemasarannya yang tepat yaitu melalui sosial media, karena segmen pasar yang dituju produk ini adalah para remaja, ibu-ibu sosialita,para wisatawan yang sedang berlibur ke kota Bandung, para pencinta kuliner, dan para fans dari Laudya Cynthia Bella sendiri. Dimana para remaja dan ibu-ibu sosialita lebih sering menggunakan gadget dan melihat sosial media daripada melihat televisi, maka dari itu produk ini melakukan strategi pemasaran produk melalui sosial media karena dinilai lebih efektif dan lebih efisien. Selain itu produk kue kekinian ini dinamakan dengan dicantumkan nama daerahnya agar produk kue ini menjadi sebuah produk oleh oleh khas daerah, tujuan ini adalah untuk menarik para wisatawan yang datang ke daerah itu untuk membeli produk itu dan dijadikannya oleh oleh untuk dibawa pulang nanti. Dan juga dengan memanfaatkan kepopulerannya, Laudya Cynthia Bella juga melakukan strategi pemasaran dengan melakukan Meet N Greet kepada para fansnya, agar hubungan Laudya Cynthia Bella dan para fansnya tetap terjaga dengan baik, juga untuk menarik para fansnya untuk membeli produknya. Ini menggunakan pendekatan teori Undifferianted Marketing karena produknya satu dan untuk semua kalangan.


    b. Strategi Pasar Nasional

    PT. Tirta Bahagia dikategorikan perusahaan nasional karena pangsa pasar dari PT. Tirta Bahagia sendiri masih berada dalam wilayah Indonesia, meskipun mereka berusaha untuk meningkatkan standart kualitas yang diakui secara nasional maupun internasional. Tingkat operasional dari PT. Tirta Bahagia juga masih berada di kancah nasional. Ini menggunakan pendekatan teori Undifferianted Marketing karena produknya satu dan untuk semua kalangan.

    c. Strategi Pasar Internasional

    PT. Sidomuncul dikategorikan dalam perusahaan internasional karena PT. Sidomuncul sudah mengekspor produknya ke berbagai negara. Kita dapat menemukan produk dari PT. Sidomuncul bahkan di Eropa sekalipun. Namun pabrikannya masih berada di Indonesia. Ini menggunakan pendekatan teori Undifferianted Marketing karena produknya satu dan untuk semua kalangan.

    ReplyDelete
  12. Ferinda Rahayu
    1. 3 Strategi
    A. Strategi Memasuki Pasar
    Secara garis besar, ada tiga pilihan strategi, yaitu:
    • First-In Strategy
    Dalam strategi ini, perusahaan berusaha menjadi pionir dengan jalan memasuki pasar pertama kali sebelum ada perusahaan lain yang melakukannya. Tujuannya adalah untuk meraih keunggulan dan kepemimpinan dalam persaingan, sehingga para pesaing sukar menyamainya.
    • Early-Entry Strategy.
    Strategi ini dilakukan dengan memasuki pasar segera setelah pelopor pasar memulainya. Tujuannya adalah untuk mencegah agar pelopor pasar jangan sampai dapat menciptakan posisi yang kuat dalam pasar.
    • Laggard-Market-Entry Strategy.
    Strategi ini merupakan strategi memasuki pasar dalam tahap pertumbuhan akhir atau dalam tahap kedewasaan dalm PLC.Ada dua model strategi ini yang bisa digunakan, antara lain:
    1. Imitator,
    2. Initiator
    B. Strategi Komitmen Pasar.
    • Strong Commitment Strategy.
    Syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:
    1. Perusahaan mampu beroperasi secara optimal dengan merealisasikan skala ekonomis dalm promosi, distribusi, pemanufakturan dll.
    2. Tidak cepat puas dengan situasi atau posisi yang telah dicapai saat ini.
    3. Memiliki sumber daya yang memadai.
    4. Keinginan dan kemampuan untuk mengambil resiko.
    • Average-Commitment Strategy.
    Syarat yang harus dipenuhi adalah bahwa perusahaan harus sanggup mengupayakan agar pelanggan tetap puas dan senang, sehingga mereka tidak mudah “dirayu” agar beralih ke pesaing.
    • Light-Commitment Strategy.
    Perusahaan hanya akan memiliki komitmen kecil terhadap pasar, hal ini karena pasar yang bersangkutan bersifaat stagnan, potensinya terbatas, telah dimasuki oleh banyak perusahaan besar atau karena faktor lainnya.
    C. Market Dilution Strategy.
    • Strategi Demarking.
    Strategi demarketing merupakan kebalikan dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran bertujuan untuk menarik minat dari sebanyak –banyak mungkin pelanggan terhadap produk jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.sedangkan dalam strategi demarketing, perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mengurangi minat para pelanggan pada umumnya atau sekelompok kelas pelanggan tertentu untuk mencari produk yang dihasilkan perusahaan, baik secara temporer maupun permanen.
    • Pruning – of Marginal – Market Strategi.
    Syarat utama agar dapat melaksanakan srategi ini adalah adanya keinginan untuk mengubah status quo dan beralih ke pasar yang sedang berkembang. Hasil yang diharapkan dari strategi ini adalah pertumbuhan jangka panjang dan peningkatan return on investment(ROI). Key-Market –Strategy.

    2. Contoh Perusahaan yang Menggunakan Strategi Memasuki Pasar
    PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
    PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, dan Eropa.
    Produk indomie sudah bisa didapatkan di sekitar 80 negara di dunia. Langkah pemasaran dan pembangunan brand-nya yang sangat intensif menjadikan banyak masyarakat sejumlah negara di dunia menganggap Indomie adalah produk asli negaranya. Setelah Malaysia, Suriah, Saudi Arabia dan Nigeria, Indofood tengah bersiap membangun fasilitas produksi di Maroko. “Indomie…. Seleraku,” demikian sebuah ‘jingle’ iklan yang nyaris selalu ada pada ingatan masyarakat tentang produk makanan mie instan. Brand Indomie bahkan nyaris mendunia dengan cakupan pasar yang mencapai Asia, Timur Tengah dan Amerika Latin.

    ReplyDelete
  13. Bella Putri Flandina
    Administrasi Bisnis 7
    Strategi yang saya ambil:
    - strategi cakupan pasar
    - strategi geografis pasar
    - strategi memasuki pasar

    Wardah kosmetik merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT. Paragon Technology and Innovation pada tahun 1995. Sejak awal diproduksi produk Wardah sudah berhasil membangun spiritual value pada produknya yang kemudian akan fokus kepada funcsional value untuk meningkatkan penjualan produk. Pada awalnya Wardah hanya mengeluarkan produk berupa basic series, acne series dan decorative. Namun seiring dengan banyaknya persaingan dan pangsa pasar, Wardah kemudian mengeluarkan varian produk lainnya. Seperti, lightening series, exclusive series dan Hajj & Umrah series ini adalah paket produk perawatan kulit untuk mereka yang bereda di Tanah Suci.
    Strategi pemasaran yang dikukan oleh Wardah kosmetik yaitu dengan menggunakan semua jenis media above the line seperti iklan memalui media siar maupun cetak dan juga memaksimalkan pelayanan di setiap counter seperti konsultasi make up. Wardah juga juga masuk dalam setiap event-event fashion show dan make up untuk spomsor film, contohnya dalam film Habibie-Ainun. Wardah juga menggunakan brand ambassador untuk memperkenalkan produknya di masyarakat. Tentunya dalam hal memilih brand ambassador Wardah memiliki kriteria yang dikarenakan produk Wardah ini memiliki ciri yang khas, jadi Wardah lebih melihat ke kisah inspiratif mereka dan keinginan mereka untuk menginspirasi. Selain itu, Wardah juga membangun relasi yang baik dengan semua orang, memberi supprt terhadap distributor dan retailer karena pada dasarnya pasar yang lebih agresif adalah mereka karena mencakup seluruh Indonesia.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email