Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pemasaran, Konsep Pemasaran dan Strategi Pemasaran


Peranan pemasaran saat ini sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Kotler & Amstrong, Pemasaran merupakan sebuah proses managerial yang orang-orang didalamnya mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk-produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain .

Sementara itu Menurut Philip Kotler ( 2004, 81 )  “Strategi Pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.”

Konsep pemasaran

Konsep-konsep pemasaran mengalami perkembangan dalam kegiatan pemasaran . yaitu sebagai berikut :

Konsep produksi
Konsep ini adalah konsep yang paling tua dalam perkembangan pemasaran.  dalam konsep ini si produsen tahu jika konsumen itu ingin produk dengan harga yang murah dan terdapat ditemukan dimana-mana dalam arti tidak sulit dacari. oleh karena itu produsen menujukan perhatiannya kepada bagaimana cara untuk efisiensi produk dan menyalurkan (mendistribusi) produknya secara luas hal ini dilakukan agar tercapainya keingianan konsumen untuk harga yang murah dan dapat ditemukan dimana-mana.

Konsep produk
Didalam konsep ini produsen mempunyai pandangan jika konsumen itu akan memilih produk yang mempunyai kualitas dan kelebihan – kelebihan dari produk yang sifatnya itu inovatif . oleh karena itu produsen menujukan perhatiannya kearah memajukan produk agar lebih baik dengan mengembangkannya untuk disempurnakan , namun kadangkala tidak memperhatikan keinginan konsumen bahkan mengabaikannnya hal ini berdampak pada kehilangan pasar karena produsen hanya memusatkan tujuannya untuk menyempurnakan produk namun belum tentu produk yang disempurnakan itu sesuai dengan keinginan konsumen .

Konsep penjualan
Didalam konsep ini produsen berpandangan jika ingin konsumen membeli produknya maka produsen harus melakukan usaha aktif dalam usaha penjualan dan promosi penjualan yang aktif pula . jadi dalam konsep ini produsen membujuk konsumen agar membeli produk dal jumlah yang diinginkan oleh produsen . jika konsumen tidak ada keinginan untuk membeli prosuk maka produsen akan berusaha agar konsumen tertarik untuk membeli .

Konsep pemasaran
Dalam konsep ini berpandangan jika dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi ialah dengan melihat apa keinginan pasar dan menentukan kebutuhannya apa saja dan memberikan kepuasan bagi pasar dengaan efektif dan efisien , jadi kebutuhan pasarlah yang diutamakan .

Konsep pemasaran sosial
Dalam konsep ini produsen tidak boleh hanya mementingkan kebutuhan dan kepuasan pelanggan serta hubungan yang menguntungkan dua belah pihak, tetapi harus juga melihat kepentingan masyarakat secara luas.

Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran ini, manajer eksekutif harus mampu memahami faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap hal ini berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan. Bukan hanya konsumen saja namun produsen serta anggota organisasi .

SOAL (Bag 1)

  1. Berdasarkan pada penjelasan di atas, Jelaskan bagaimana konsep pemasaran diterapkan di perusahaan yang anda ketahui (Berikan contoh minimal 3 perusahaan)! 
  2. Jelaskan bagaima strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang anda maksud di soal no 1!
  3. Jelaskan minimal 1 lembar untuk penjelasan setiap contoh perusahaan

Petunjuk Pengerjaan


  1. Untuk jawaban di ketik di word lalu di email ke email cegunawan28@gmail.com
  2. kesimpulan singkat dari masing-masing jawaaban anda di tulis di kolom komentar yang ada di bawah dengan menyertakan nama dan Jurusan
  3. Tugas ini maksimal sudah diemail dan ditulis komentar pada Senin 10 Desember pukul 20.00

8 comments for "Pengertian Pemasaran, Konsep Pemasaran dan Strategi Pemasaran"

  1. - Konsep Penjualan yang ada di yogya grup Yogya grup yaitu mempunyai Business Value “ Komsumen PUAS ” serta pelayanan yang baik, sehingga menjadi kekuatan untuk bersaing dengan kompetitor.

    - konsep pemasaran sosial yang ada di PT. Kimia Farma Tbk. dengan visi Komitmen pada peningkatan kualitas kehidupan, kesehatan, dan lingkungan. tidak hanya memikirkan keuntungan dalam produksi perusahaan ini pun memikirkan kepentingan kehidupan masyarakat terbukti tidak hanya di bidang industri obat kimia farma kini mempunyai laboratorium & klinik dengan SDM yang handal dan kompeten.

    - konsep pemasaran yang ada di PT. Unilever Indonesia, Tbk. dengan visi Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya. PT. Unilever Indonesia, Tbk. selalu menyediakan kebutuhan dan keinginan kosumennya mulai dari kebutuhan grooming dan kebutuhan masakan PT. Unilever Indonesia, Tbk.menyediakannya.

    ReplyDelete
  2. Setiap perusahaan mempunyai konsep pemasaran dan strategi pemasaran yang berbeda beda, tetapi semua perusahan yang menjalankan aktivitasnya yang bergerak dibidang barang maupun jasa bertujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan.
    Tolak ukur keberhasilan perusahan terhadap kepuasaan para konsumen atas barang dan jasa yang di hasilkan yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
    Oleh karena itu diperlukan konsep pemasaran dan strategi pemasaran yang TEPAT dan dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.


    - Martha Adini S. / Manajemen Weekend

    ReplyDelete
    Replies
    1. - konsep pemasaran global yang ada di perusahaan kalbe farma Tbk Dari sisi pemasaran, pada saat itu PT Kalbe Farma Tbk melakukan terobosan dengan memelopori pola-pola pemasaran yang dilakukan perusahaan multinasional yang sekarang dikenal dengan nama
      medical representative.Terobosan lain yang memperlihatkan visi kuat PT Kalbe Farma Tbk terhadap kualitas sekaligus untuk meraih kepercayaan asing adalah dengan melakukan kerja sama strategis dengan beberapa perusahaan multinasional khususnya perusahaan-perusahaan dari negara Jepang. Periode berikutnya, pada tahun 1976-1985 adalah era dimana perkembangan fisik masih terus berlangsung dan dilanjutkan dengan diversifikasi usaha. Pada tahun 1977, PT Kalbe Farma Tbk sudah menjadi salah satu kekuatan utama pada kategori obat-obatan ethical dan mampu bersaing dengan perusahaan
      . Visi dan Misi Perusahaan
      Visi yang senantiasa ingin diwujudkan oleh PT Kalbe Farma ialah menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik yang didukung oleh inovasi, merk yang kuat dan manajemen yang prima. Visi ini dijelaskan dengan Misi perusahaan yaitu meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik. Nilai-nilai yang dibangun Kalbe Farma dalam menjalankan Visi dan Misinya yaitu saling percaya sebagai pengikat diantara keluarga besar perusahaan, kesadaran penuh sebagai dasar setiap tindakan, inovasi sebagai kunci keberhasilan, bertekad untuk menjadi yang terbaik dan saling keterkaitan sebagai panduan hidup.
      - Konsep pemasaran sosial Perusahaan dengan andalan Jelly Gum ini rupanya telah mengalami kesuksesan di pasar global. Berangkat dari kegelisahan akan tergerusnya produk asli Indonesia, perusahaan Yupi Indo Jelly Gum kemudian melakukan ekspansi dengan membawa merk aslinya. Berawal dari membuat paviliun kecil di Tiongkok yang tidak efektif, kemudian perusahaan ini lebih berupaya pada membangun citra merk melalui pameran-pameran dan membangun jaringan di Eropa yang lebih menguntungkan. Kini setidaknya terdapat lebih dari 40 distributor Yupi di 40 negara. Strategi yang kini digunakan lebih pada menggunakan iklan di media, dengan nominal modal minimal mencapai US$ 1 juta disetiap kontrak iklannya yang ada diperusahaan
      - konsep pemasaran yang ada di PT.UNILEVER Dengan portfolio brand kami yang kuat, kehadiran yang menonjol pasar dan komitmen yang bertahan lama untuk berbagi nilai kreasi, kami percaya kami berada di tempat terbaik untuk mencapai tujuan ini.Kami mengetahui bahwa untuk mencapai tujuan perkembangan, maka kami harus mengurangi dampak keseluruhan terhadap lingkungan yang timbul dari usaha. Komitmen kami meliputi tidak hanya pabrik dan kantor melainkan juga dampak lingkungan dan hubungannya dengan sumber bahan mentah kami, melalui bagaimana cara para pelanggan menggunakan dan membuang produk kami.
      Visi
      Unilever berusaha menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
      • Kami membantu orang-orang merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dengan branddan pelayanan yang baik bagi mereka dan juga bagi orang lain.
      • Kami akan menginspirasi orang-orang untuk melakukan tindakan kecil setiap harinya yang dapat memberikan perbedaan besar bagi dunia.
      • Kami akan mengembangkan cara baru untuk melakukan usaha dengan tujuan mengembangkan perusahaan kami sambil mengurangi dampak terhadap lingkungan.
      • Kami sepenuhnya menyadari bahwa kami perlu mengembangkan model baru untuk pertumbuhan usaha.
      • Kami bertujuan melaksanakan program kerja jangka panjang dengan supplierkami, para pelanggan dan rekan lainnya dalam mencapai tujuan ini.


      Novia Mutiara Permatasari N
      Manajemen Weekend

      Delete
  3. ⚫Strategi pemasaran KFC dengan memberikan inovasi baru pada setiap hal untuk kemajuan produknya itu ditujukan untuk meberikan kepuasan kepada konsumen. KFC memberikan bukti pada konsumen bahwa perusahaan fast food ini tidak akan tergeser oleh beberapa perusahaan makanan cepat saji lainnya. Kalau strategi pemasaran KFC yang dijalankan tidak sesuai maka bukan hanya saat ini mungkin sudah dari dulu KFC kalah dengan pesaing lainnya.
    ⚫Strategi Pemasaran Matahari Department Store yang mampu menarik perhatian banyak orang ini karena ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan lain baik dari struktur organisasi atau SDM di dalamnya maupun modal yang dikembangkan.
    ⚫Analisis Strategis Manajemen Pemasaran Berbasis Profit And Loss untuk meningkatkan profit. Image customer mengenai Pizza Hut identik dengan makanan mahal dengan konsep servisnya. Pizza Hut ingin mengubah image tersebut dan memperkenalkan konsep restoran full dine in service untuk dapat "makan puas dengan harga pas" (bukan harga murah).

    -Tesa Amellia / Manajemen / Weekend

    ReplyDelete
  4. Kesimpulan
    1. Indomaret merupakan jaringan peritel waralaba yang ada di Indonesia. Indomaret adalah salah satu dari sekian banyak anak perusahaan Salim Group yang memiliki perkembangan sangat pesat. Indomaret adalah jaringan peritel minimarket yang menjual kebutuhan pokok serta kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat disekitara lokasi yang memiliki jariangan Indomeret. Indomaret dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, toko pertama Indomaret dibuka di Ancol, Jakarta Utara, tahun 1988.
    Indomaret dalam melakukan pemasaran produk Indomaret tentu memiliki strategi khusus yang tidak dimiliki perusahaan lain. Berikut beberapa strategi pemasaran yang diterapkan Indomaret dalam jangka pendek anatara lain :
    “Harga Heboh” yaitu promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari
    “Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat
    “Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga

    2. PT.Mayora Indah tbk. Adalah perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman bergizi, perusahaan ini Menggunakan beberapa seni manajemen untuk menguasai pangsa pasar baik domestik maupun internasioanal, mulai dari strategi manajemen pemasaran sampai dengan strategi inovasi produk sehingga produk-produk mayora dapat di nikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa dan memberikan profit yang maksimal bagi perusahaan.

    3. PT.Sidomuncul Tbk adalah perusahaan milik keluarga, yang kini telah diteruskan oleh cucunya Bapak Irwan Hidayat, sidomuncul merupakan perusahaan obat jamu herbal yang kini telah menjadi market leader di indonesia.
    Berdasarkan hasil uraian diatas yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
    1. Berdasarkan hasil analisis visi dan misi dapat diperoleh bahwa PT Sidomuncul Tbk mampu menjawab kata kunci analisis visi dan misi , yang nantinya dijadikan bahan pedoman perusahaan untuk mencapai tujuannya, dalam analisis visi dan misi ini perusahaan berorientasi untuk menjawab pertanyaan kedepan, untuk kemajuan perusahaan.
    2. Berdasarkan hasil analisis Eksternal dan Internal didapatkan hasil Kekuatan sebesar 1,64 dan didapatkan total kelemahan sebesar 0,88 maka didapatkan hasil untuk analisis internal sebesar 0,38. Kemudiann pada Faktor eksternal perusahan pada peluang sebesar 1,55 dad didapatkan hasil pula pada ancaman sebesar 1 maka di dapatkan hasil analisis eksternal sebesar 0,28. Jadi berdasarkan hasil analisis diagram swot untuk titik koordinat internal perusahaan sebesar 0,38 dan pada koordinat eksternal sebesar 0,28 dimana titik koordinat ini bertemu pada kuadran 1 dimana pada posisi ini merupakan kondisi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan, perusahaan dapat memanfaatkan potensi internal dengan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang perlu digunakan pada kuadran ini adalah metode penetrasi harga , inovasi produk , dan guna melakukan promosi meningkatkan image produk.

    Nama : Hilda Hermawati
    Prody : Manjamen
    Nim : 17011014

    ReplyDelete
  5. Nama : Fira Fitrullah Aeni
    Prodi : Manajemen

    Perusahan yang menjalankan aktivitasnya yang bergerak dibidang barang maupun jasa semua bertujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan.Tolak ukur keberhasilan perusahan adalah terhadap kepuasaan para konsumen atas barang dan jasa yang di hasilkan yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya.

    ReplyDelete
  6. Nama : Anisa Dianra
    NIM : 17012072
    Prodi : Manajemen
    Kesimpulan:
    1.Nestle merupakan perusahaan yang berkesinambungan untuk mengkombinasikan ilmu dan teknologi guna menyediakan produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia akan makanan dan minuman bergizi, serta aman untuk dikonsumsi serta lezat rasanya. Dan dapat mampu bekerja sama dengan Indonesia dengan cara mempekerjakan 2.600 karyawan diindonesia untuk menghasilkan beragam produk Nestlé di tiga pabrik: Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW, BEAR BRAND, dan NESTLÉ DANCOW IDEAL.

    ReplyDelete
  7. Hampir semua produk toiletris Wings menempel ketat produk sejenis milik raksasa Unilever. Sekadar menyebut contoh: Nuvo dengan Lifebuoy, So Klin dengan Rinso, So Klin Pewangi dengan Molto, Sunlight dengan Mama Lemon. Di mata Handito Joewono, Chief Strategy Consultant Arrbey, produk toiletris Wings memang terbukti memiliki posisi yang cukup kuat di pasar. Wings cukup mampu menghadapi pemain asing seperti Unilever. “Menjadi nomor satu atau dua,” ungkapnya.persaingan begitu ketat diantara PT. Lion wings dengan PT. Unilever membuat bumi Pertiwi ini semakin maju daya pemasaran begitu baik visi, misi dan moto mereka yang membangun segalanya.
    PT.Sumber Alfaria Trijaya berhasil membangun gerai lebih dari 2000 gerai di seluruh pelosok di Indonesia khususnya di pulau Jawa ini pencapaian target hampir tercapai sudah di 90% pencapaian target.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email