Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Administrasi dan Manajemen dalam Praktek Kehidupan Masyarakat


Berikut merupakan beberapa contoh kasus dalam Administrasi dan Manajemen :

Kasus 1

Dalam praktek kehidupan masyarakat sudah dikenal istilah-istilah administrasi dan manajemen, misalnya pada kantor kelurahan dikenal dengan istilah “biaya administrasi” untuk pembuatan surat-surat (KTP,Kartu Keluarga dan Surat Keterangan lainnnya), Pada tingkat tingkat yang lebih tinggi kadang sering terdengar istilah “ Wah!,...kantor itu payah,…manajemennya tidak beres?..”. Apa makna manajemen disini?, tentunya yang dimaksud adalah pengaturan/pengurusan oleh orang-orang yang memegang jabatan manajemen di kantor tersebut.

  1. Jelaskan makna dan peran manajemen serta administrasi Berdasarkan pada kasus di atas!
  2. Berikan saran anda untuk kasus di atas! (saran harus berdasar pada teori manajemen dan administrasi yang sudah anda kuasai)


Kasus II

Pencampuradukan administrasi dan manajemen sering kita jumpai di Tanah Air. Kita mungkin acap kali mengalami bagaimana berbelit-belitnya mengurus berbagai perizinan. Saking berbelitnya, sampai memakan waktu bertahun-tahun! Bagaimana tidak bila kita harus mengurus izin dari tingkat desa atau kelurahan hingga tingkat kementerian (nasional). Akibatnya, bisnis tidak jalan, sektor riil pun tidak bergerak. Kalau kita komplain, jawabannya hampir selalu klise: “aturannya memang begitu” atau “kami harus mengikuti peraturan”. Peraturan itulah administrasi. Kondisi demikian telah terjadi puluhan tahun lamanya. Orde Reformasi yang katanya lebih baik dari Orde Baru nyatanya belum mampu mengatasi permasalahan tersebut. Bahkan di sejumlah hal terkesan dan terasa lebih buruk, mungkin karena adanya otonomi daerah yang kebablasan: otonomi daerah yang melahirkan raja-raja kecil di kabupaten/kota dan provinsi. Akhirnya tercipta persepsi seperti benang kusut, tidak tahu lagi apa dan di mana ujung pangkalnya. Apa benar begitu kusutnya sampai tidak bisa diurai lagi?

  1. Berikan tanggapan anda mengenai kasus di atas!

Petunjuk Pengerjaan

  1. Untuk jawaban masing-masing kasus di ketik di word lalu di email ke email cegunawan28@gmail.com
  2. kesimpulan dari masing-masing jawaaban anda di tulis di kolom komentar yang ada di bawah dengan menyertakan nama dan Jurusan
  3. Tugas ini maksimal sudah diemail dan ditulis komentar pada Jum'at 7 Desember pukul 15.00

22 comments for "Administrasi dan Manajemen dalam Praktek Kehidupan Masyarakat"

  1. Nama : Muhammad Abdul Mujib
    Jurusan : Administrasi Bisnis

    Kesimpulan dari jawaban saya mengenai kasus dan pertanyaan diatas ialah: Setiap kegiatan yang ada di perusahan maupun instansi pemerintah terdapat didalam ruang lingkup administrasi dan manajemen, jika administrasinya dijalankan dengan baik dan disesuaikan dengan keadaan sekarang, maka semua tujuan yang diharapkan akan tercapai.

    ReplyDelete
  2. Kesimpulan dari kasus kasus yang di atas : Administrasi adalah seluruh proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang/lebih secara rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Kegiatan manajemen juga merupakan unsur dari administrasi, bukan merupakan faktor terjadinya administrasi. dan sebagai pemerintah seharusnya harus benar benar menjalankan fungsi-fungsi administrasi negara secara baik, jujur, bertanggung jawab dan pemerintah juga harus menempatkan orang-orang yang kompeten, berpendidikan tinggi, mempunyai kualitas dan kredebilitas yang baik sehingga administrator negara sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang bagi rakyat Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Nama : Guruh Dirgantara
    Prodi : Adminstrasi Bisnis

    Kesimpulan dari kasus kasus yang di atas : Administrasi adalah seluruh proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang/lebih secara rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Kegiatan manajemen juga merupakan unsur dari administrasi, bukan merupakan faktor terjadinya administrasi. dan sebagai pemerintah seharusnya harus benar benar menjalankan fungsi-fungsi administrasi negara secara baik, jujur, bertanggung jawab dan pemerintah juga harus menempatkan orang-orang yang kompeten, berpendidikan tinggi, mempunyai kualitas dan kredebilitas yang baik sehingga administrator negara sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang bagi rakyat Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Nama : muhammad raifal akbar
    Jurusan : adm bisnis

    Kesimpulan dari kasus-kasus yang terjadi diatas ialah bahwa administrasi dan manajemen harus dipisahkan dalam artian administrasi adalah penyelenggaraan kerja sedangkan manajemen adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja tersebut. Kemudian harus tepat dalam menempatkan orang-orangnya sesuai dengan keahlian dalam bidang nya atau kompenten dalam tugas tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja guna menunjang kelancaran proses administrasi.

    ReplyDelete
  5. Nama: Susi Irmawati
    Jurusan: Administrasi Bisnis 5

    kesimpulan saya dari kasus di atas yaitu dapat dikatakan bahwa manajemen merupakan inti daripada administrasi, karena manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada administrasi. Jadi adiministarsi dan manajemen itu tidak dapat dipisahkan dan hanya kegiatan-kegiatannya saja yang dapat dibedakan. Atau dengan kata lain, administrasi merupakan penyelenggaraannya dan manejemen merupakan orang yang menyelenggarakan kerja. Maka di dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintah tidak hanya administrasi saja yang dibutuhkan tetapi juga diperlukan manajemen agar prosesnya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  6. Nama : Rizki Novrian Saputra
    Jurusan : Administrasi Bisnis

    Kesimpulan dari tugas-tugas diatas ialah Administrasi sifatnya menentukan kebijakan umum, sedangkan manajemen ialah bagaimana secara langsung kegiatan-kegiatan itu dilakukan dengan memberi petunjuk, bimbingan, pengetahuan dan pengaturan yang diarahkan secara sistematis untuk merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan

    ReplyDelete
  7. Nama: Binar Kandiaz Rozak
    Jurusan: Administrasi Bisnis

    Jadi kesimpulannya adalah setiap perusahaan, mau perusahan kecil apalagi perusahaan besar tidak lepas dari peranan manajemen dan administrasi, kedua bidang tersebut sangat terikat dan harus bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Nama : Asri Verawati
    Prodi : Administrasi Bisnis

    jadi kesimpulan yang di dapat dari dua kasus tersebut adalah :
    1.Minimnya pengetahuan masyarakat yang menganggap manajemen dan administrasi kantor sangat mudah untuk di pahami , tetapi pada kenyataan nya ada banyak peraturan dan tahapan tahapannya.
    2.Pelaksanaan manajemen dan administrasi pelayana masyarakat sangat kurang diterapkan terlalu banyak aturan aturan yang diselewengkan untuk kepentingan sendiri ataupun agar mereka tidak memiliki kendala dalam bekerja .

    ReplyDelete
  9. Nama: Reza Gustiani Ratu
    NIM: 16031005
    Jurusan: Administrasi Bisnis

    Kasus 1
    1. Makna dan peran Manajemen : Kerjasama akan berjalan dengan baik apabila ditata dan dikelola dengan tepat, untuk itu pengelolaannya mesti berjalan secara sistematis melalui tahapan-tahapan dengan diawali oleh suatu rencana sampai tahapan berikutnya dengan menunjukan suatu keterpaduan dalam prosesnya, dengan mengingat hal itu, maka makna pentingnya manajemen semakin jelas, karena manajemen itu sendiri mempunyai fungsi-fungsi yang dapat membantu proses tersebut. fungsi manajemen adalah terdiri dari :
    a)    Perencanaan (Planning)
    b)    Pengorganisasian (Organizing)
    c)    Pemberian motivasi (motivating)
    d)    Pengawasan (Controlling)
    e)    Penilaian (Evaluating)
    kelima fungsi (peran) tersebut  tidak bersifat terpisah-pisah, dalam prtakteknya bersifat saling berkaitan.
    Makna dan peran Administrasi Bisnis : Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses  kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. fungsi-fungsi administrasi antara lain :
    • Planning (Perencanaan)
    • Organizing (Pengorganisasian)
    • Leading (Kepemimpinan)
    • Controlling (Pengendalian)
    2. Pada dasarnya fungsi administrasi dan fungsi manajemen adalah sama perbedaanya dimana fungsi administrasi adalah untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijaksanaan umum, sedangkan manajemen bersifat melaksanakan kegitan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan yang dirumuskan. Maka dari itu fungsi-fungsi tersebut harus di jalankan sebaik mungkin agar tujuan organisasi dapat di capai.

    Kasus 2
    Diperlukan manajemen pelayanan publik sebagai bentuk evaluasi kualitas organisasi pelayanan baik pemerintah pusat maupun daerah. Dan untuk administrasi, Ketentuan penyelenggaraan Pemerintahan dalam administrasi diatur dalam sebuah Undang-Undang yang disebut Undang-Undang Administrasi Pemerintahan. Pengaturan Administrasi Pemerintahan dalam Undang-Undang ini menjamin bahwa Keputusan dan/atau Tindakan Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan terhadap Warga Masyarakat tidak dapat dilakukan dengan semena-mena.

    ReplyDelete
  10. Nama : Inggri Septianie
    Jurusan : Administrasi Bisnis
    Kegiatan administrasi adalah proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kerja dapat terselenggara bila ada orang-orang yang menyelenggarakannya. Masalah orang orang yang menyelenggarakan kerja untuk mencapai tujuan inilah yang menjadi masalah manajemen. Intisari dari pengertian manajemen adalah suatu proses/usaha dari orangorang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi antara admistrasi dan manajemen mempunyai hubungan yang sedemikan rupa, administrasi adalah penyelenggaraan kerja sedangkan manajemen adalah orang orang yang menyelenggarakan kerja tersebut. Maka di dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintah tidak hanya administrasi saja yang dibutuhkan tetapi juga diperlukan manajemen agar prosesnya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  11. Nama : CH.Sheni Narulita
    Jurusan : Administrasi bisnis
    Nim : 16031011
    1.Manajemen itu sendiri berarti proses pengelolaan, dan pengawasan usaha para anggota organisasi dari penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Jadi dalam ilmu administrasi dan manajemen pun dimaksudkan agar peran pelaku administrasi dan manajemen dapat mengatur dalam organisasinya sendiri. Bahkan para pelaku harus bisa melaksanakan pelayanan yang prima kepada konsumen untuk menciptakan kesan yang baik. Adapun dalam sistem adminjstrasi pun harus dalam pelaksanaannya harus dikerjakan sebaik mungkin agar dapat lebih efektif dan efisien. Dengan manajemen yang baik, fungsi-fungsi manajemen dapat bekerja sebagaimana mestinya secara proporsional dan profesional. Administrasi sifatnya menentukan kebijakan umum, sedangkan manajemen ialah bagaimana secara langsung kegiatan-kegiatan itu dilakukan dengan memberi petunjuk, pimbingan dan pengetahuan dan pengaturan yang diarahkan secara sistematis untuk merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan.
    2.Bahwa antara administrasi dan manajemen itu mempunyai hubungan yang sedemikian rupa. Administrasi adalah penyelenggara kerja, sedangkan manajemen adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja tersebut. Kegiatan administrasi berproses sebagai penyelenggara kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya kerja dapat terselenggara bila ada orang yang menyelenggarakannya. Jadi manajemen adalah suatu proses atau usaha dari orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan..
    Kasus II
    Menurut saya mungkin manajemen dan administrasi itu harus dipisahkan. Karena manajemen lebih inti daripada administrasi dan juga manajemen inilah yang akan menjadi paradigma di lingkungan pemerintahan. Lalu posisi administrasi ditempatkan sebagai penunjang atau pendukung manajemen. Saya kira, pemosisian seperti ini amat relevan dan sejalan dengan keinginan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Inilah tujuan utama pemerintah. Segala bentuk aktivitas pemerintahan harus diselaraskan dengan tujuan tersebut, termasuk aktivitas administrasinya. Dengan kata lain, berbagai bentuk aktivitas administrasi yang diperkirakan atau berpotensi menghambat pencapaian tujuan harus disingkirkan.

    ReplyDelete
  12. Nama : riza julianti
    Prody : administrasi bisnis

    Jadi kesimpulan yang dapat saya proleh dari kasus kasus d atas yaitu administrasi sebagai proses penyelenggara kerja untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan sehingga dapat terselenggara dengan baik dan tercapai dalam suatu intansi atau sebuah perusahaan, sedangkan manajemen itu sendiri merupakan bagian dari proses atau usaha dari orang sekitar agar bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan juga baik untuk untuk masyarakat maupun orang orang yg terlibat di dalamnya

    ReplyDelete
  13. Nama : Eneng Fitri Handayani
    Jurusan : Administrasi Bisnis

    Kesimpulan dari kedua kasus diatas yaitu administrasi dan manajemen hampir sama kedua-duanya bertujuan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi yang telah ditetapkan. diatara administrasi dan manajemen kelihatannya serupa, tetapi sangat berbeda satu sama lainnya. administrasi adalah penyelenggaraanya dan manajemen adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja . maka kombinasi dari keduanya adalah penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dan hal tersebut sangatlah penting dalam sebuah perusahaan atau lembaga lembaga lainnya (organisasi) untuk memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.

    ReplyDelete
  14. Nama : Shofia Aris Munandar
    Jurusan : Adminidtrasi Bisnis

    Dari kasus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa peran manajemen serta administrasi mempunyai makna penting dalam suatu organisasi baik perusahaan maupun pemerintah yang dimana umumnya manajemen merupakan proses mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama dan administrasi berperan sebagai gerakan atau langkah menuju tercapainya tujuan tersebut.

    Dari kasus kedua kita kita dapat menyimpulkan bahwa apabila proses administrasi tidak berjalan dengan baik maka tujuan tidak akan terrealisasikan. Sebaiknya manajemen melakukan beberapa perubahan pada proses administrasi tersebut untuk lebih mengutamakan pelayanan menjadi lebih baik dengan menjaga sinergi yang konstriruktif diantara pemerintah sektor swasta dan juga masyarakat yang menjadikan administrasi tersebut lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  15. Nama : Shofia Aris Munandar
    Jurusan : Adminidtrasi Bisnis

    Dari kasus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa peran manajemen serta administrasi mempunyai makna penting dalam suatu organisasi baik perusahaan maupun pemerintah yang dimana umumnya manajemen merupakan proses mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama dan administrasi berperan sebagai gerakan atau langkah menuju tercapainya tujuan tersebut.

    Dari kasus kedua kita kita dapat menyimpulkan bahwa apabila proses administrasi tidak berjalan dengan baik maka tujuan tidak akan terrealisasikan. Sebaiknya manajemen melakukan beberapa perubahan pada proses administrasi tersebut untuk lebih mengutamakan pelayanan menjadi lebih baik dengan menjaga sinergi yang konstriruktif diantara pemerintah sektor swasta dan juga masyarakat yang menjadikan administrasi tersebut lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  16. Nama : Shofia Aris Munandar
    Jurusan : Adminidtrasi Bisnis

    Dari kasus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa peran manajemen serta administrasi mempunyai makna penting dalam suatu organisasi baik perusahaan maupun pemerintah yang dimana umumnya manajemen merupakan proses mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama dan administrasi berperan sebagai gerakan atau langkah menuju tercapainya tujuan tersebut.

    Dari kasus kedua kita kita dapat menyimpulkan bahwa apabila proses administrasi tidak berjalan dengan baik maka tujuan tidak akan terrealisasikan. Sebaiknya manajemen melakukan beberapa perubahan pada proses administrasi tersebut untuk lebih mengutamakan pelayanan menjadi lebih baik dengan menjaga sinergi yang konstriruktif diantara pemerintah sektor swasta dan juga masyarakat yang menjadikan administrasi tersebut lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  17. Siti Asgina Fauziah
    Administrasi Bisnis

    Kesimpulan untuk kasus di atas adalah fungsi dan peran manajemen dan administrasi tidak berjalan dengan baik, terjadinya tumpang tindih antara kepentingan pribadi dan organisasi menjadi salah satu faktor penghambat. Selain itu, adanya kesan bahwa manajemen dan administrasi adalah dua hal yang berbeda. Namun, berdasarkan teori yang ada bahwa manajemen adalah salah satu unsur yang ada pada administrasi sehingga apabila proses manajemennya tidak berjalan maka tujuan dari administrasi pun tidak akan tercapai.

    ReplyDelete
  18. Nama : Bunga Siti Fatimah
    Jurusan : Aministrasi Bisnis

    Kesimpulan dari dua kasus tersebut bahwa manajemen dan administrasi tidah dapat terpisahkan, karena manajemen merupakan bagian penting dari administrasi. yang membedakan hanyalah kegiatan dari masing-masing tersebut. Administrasi lebih bersifat menentukan tujuan dan kebijaksanaan sedangkan Manajemen bersifat sebagai pelaksana semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sesuai dengan administrasi. karena manajemen sebagai inti penting dari administrasi untuk melakukan semua kegiatan yang berkaitan, maka sumber daya yang mennggerakkannya pun harus bisa bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  19. Nama : Mochamad Indra Kurniawan
    Jurusan : Administrasi Bisnis

    Kesimpulan saya adalah manajemen dan administrasi memiliki kaitan yang sangat erat. ketika proses manajemen terlaksana dengan baik, maka proses administrasinya-pun akan berjalan dengan lancar.

    ReplyDelete
  20. Nama: Mauludy Nurul Hasanah
    Prodi: Administrasi Bisnis

    Administrasi dan manajemen, keduanya saling berkaitan dalam suatu organisasi. Peran organisasi yaitu menata bagaimana caranya agar suatu organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Begitu pun dengan manajemen yang memiliki peran dalam hal perencanaan, pengorganisasian, leading, dan controling. Keduanya harus dijalankan dengan baik agar terciptanya keefektifan, efisiensi, dan produktivitas kerja yang baik, sehingga dapat menghasilkan profit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf typo, seharusnya kata organisasi pada penjelasan pertama diganti dgn kata administrasi.. 😂

      Delete

Berlangganan via Email