Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan dan Persamaan Arti dari Administrasi dan Manajemen


Selama ini kata Administrasi dan Manajemen sudah tidak asing lagi, secara tidak sadar banyak orang yang menggunakan dan mengimplementasikannya. Seperti halnya dalam sebuah organisasi pasti berhubungan dengan manajemen dimana didalamnya mengelola dan mengatur jalannya sebuah organisasi yang berupa penggerakan orang-orang agar tujuan kerja sama benar-benar tercapai. Begitupun administrasi, secara sadar setiap organisasi melakukan pengadministrasian yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bekerjasama secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut M.E. Dimock dalam bukunya Public Administration, mengemukakan dua kata yang saling berhubungan, beliau memberikan definisi administrasi sebagai “Administration or Management is a palnned approach to the solving offal kinds of problems in almost every individual or group activity both publics or private.” Dimana administrasi atau manajemen adalah suatu pendekatan rencana terhadap pemecahan atau semua macam masalah yang kebanyakan terdapat pada setiap individu atau Kelompok.

Lantas apakah administrasi dan manajemen mempunyai artian yang sama? atau manajemen merupakan bagian dari administrasi atau sebaliknya?. Pandangan yang melihat administrasi sama dengan manajemen didukung oleh ahli misalnya William H. Newman dan M.E.Dimock. Newman (1963) sama sekali tidak membedakan antara administrasi  dan manajemen. Bahkan mempersamakan keduanya. Hal ini, terlihat pada buku yang ditulisnya yang berjudul “Administrative Action”.
Sedangkan menurut ahli lain Dalton E Mc. Farland dalam bukunya “Management, Principles  and Practices” membedakan arti administrasi dan manajemen,  namun yang satu merupakan  bagian dari yang lainnya dengan menegaskan sebagai berikut “administration refers to the determination of mayor aims and policies, were as management refers to the carrying out of operations designed to accomplish the aim and effectuate policies” yang artinya administrasi ditujukan terhadap penetuan tujuan pokok dan kebijaksanaannya, sedangkan manajemen ditujukan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan maksud menyelesaikan/mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijaksanaan (Handayaningrat, 1982). 

Akan tetapi ada beberapa perbedaan dan persamaan diantara administrasi dan manajemen antara lain:  Persamaannya terletak paad sifat, Prinsip, Ciri, Sarana dan Fungsi.
  

Kesamaan Sifat

Administrasi dan manajemen memilki sifat seni. Dinamik, artinya keduanya berkembang sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, kebudayaan, teknologi. Artinya administrasi dan manajemen akan berjalan sesuia dengan perkembangan. integratif, artinya keduanya memiliki kemampuan mengintegrasikan diri dari kecenderungan munculnya disintegrasi dan spesialisasi dari berbagai disiplin keilmuan. Bersifat normatif, artinya kegiatan-kegiatannya didasarkan pada nilai-nilai, etika, prosedur, tata urutan. Bersifat teleologi, artinya keduanya memberi kemampuan memprediksi kemumgkinan yang akan timbul dari kegiatan kerjasama sehingga apa yang direncanakan cenderung akan tercapai.

Kesamaan Prinsip

Prinsip yang dimaksud di sini ialah efisiensi dan efektivitas usaha kegiatan kerjasama dalam pencapaian tujuan yang menghasilkan tujuan tersebut menjadi produktif.

Kesamaan Ciri atau Karakteristik

Manajemen atau administrasi memiliki kesamaan yaitu adanya sekelompok orang dalam sebuah organisasi dengan kerjasama atas dasar pembagian kerja dan memiliki tujuan yang untuk mencapai tujuan

Kesamaan Sarana

Baik administrasi maupun manajemen keduanya menggunakan sarana seperti orang, metode, uang, peralatan, mesin, serta organisasi sebagai wadah berlangsungnya kegiatan

Kesamaan Fungsi

Administrasi dan manajemen dalam mencapai tujuan berlangsung dalam proses kegiatan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi seperti: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.
Meskipun terdapat kesamaan konsep  diantara keduanya, akan tetapi  keduanya mempunyai perbedaan tugas dan fungsi di dalam organisai. Administrasi mempunyai tugas dan fungsi yang lebih luas dari pada manajemen, yakni menentukan tujuan menyeluruh yang hendak dicapai organisasi, dan menentukan kebijaksanaan umum yang mengikat seluruh organisasi. Sedang manajemen melakukan semua kegiatan yang diperlukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapka pada tingkat administrasi. 


Pandangan yang demikian ini di anut oleh orang-orang akademis. Bagi orang-orang praktisi, banyak yang melihat keduanya sama–sama diguanakan dalam organisasi, dimana istilah administrasi lebih luas dipakai dalam aktivitas-aktivitas oraganisasi non provit seperti organisasi pemerintahan, organisasi sosial. Sedang istilah manajemen banyak dipakai oleh organisasi profit atau pada organisasi-organisasi perusahaan.

Setelah di cermati Administrasi adalah seluruh proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yaitu dalam suatu kelompok yang secara rasional dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Karena efektif dan efisien inilah yang sangat penting untuk mencapai suatu keproduktifan dalam mencapai tujuan. Kegiatan manajemen juga merupakan unsur dari administrasi, bukan merupakan faktor terjadinya administrasi.

Administrasi lebih luas daripada manajemen, karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifat operasional melainkan mengatur, mengelola tindakan-tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya.

Post a comment for "Perbedaan dan Persamaan Arti dari Administrasi dan Manajemen"

Berlangganan via Email