Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Mahasiswa Baru

Tetapkan Cita-cita Kamu

Apa Tujuan kamu kuliah?? Mengejar cita-cita kamu merupakan salah satu tujuan kuliah kamu. Awal masa kuliah merupakan awal kamu melangkah mengejar cita-cita kamu. Maka dari itu apakan jurusan atau tempat kuliah kamu saat ini sesuai dengan cita-cita kamu? Maka dari itu kamu tidak bisa memilih asal tempat kuliah dan jurusan (Baca : Solusi Memilih Tempat Kuliah). Sesuaikan dengan minat dan bakat kamu agar kamu bisa mengejar cita-cita kamu di jalan yang benar. Jika sudah terlanjur pilih jurusan, segera berfikir ulang :)


Targetkan IP kamu Sejak Awal

Sebagai mahasiswa baru hal yang wajib kamu ketahui adalah istilah-istilah yang ada di Perguruan Tinggi salah satunya adalah IP. dalam istilah Perguruan Tinggi IP merupakan kepanjangan dari Indeks Prestasi satu semester ada lagi istilah IPK (Indeks Prestasi Komulatif) merupakan gabungan dari IP IP setiap semester (Baca : Istilah-istilah Penting di Dunia Kampus). targetkan IP kamu sejak awal kamu masuk kuliah. Sesuaikan IP kamu dengan cita-cita kamu. Capai IPK minimal yang distandarkan oleh kampus targetkan IPK melibihi standard kampus.

Ikuti Kegiatan-Kegiatan Kampus

Suasana kampus sangat beda dengan suasana saat kamu di sekolah. termasuk dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh kampus. kamu harus aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus. Banyak manfaat yang akan kamu dapat dibanding dengan teman-teman kamu yang tidak aktif mengikuti kegiatan kampus. Selain mendapatkn pengalaman, kamu juga akan banyak mendapatkan teman dari mengikuti kegiatan-kegiatan di Kampus

Pandai Memilih Teman Kampus

Kampus baru teman baru. Kamu akan banyak bertemu orang-orang baru yang belum kamu kenal. Memilih teman juga merupakan faktor keberhasilan kamu di kampus. banyak bergaul dengan teman-teman kamu yag baik akan mendukung kamu kepada keberhasilah. banyak bergaul dengan teman-teman yang tidak baik akan menghancurkan keberhasilan. maka dari itu pilih teman yang mendukung kamu kepada keberhasilah.

Ikuti Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (harus selektif memilih organisasi)

Seperti halnya kegiatan-kegiatan kampus, masuk di organisasi pun sangat penting. banyak pelajaran yang kita dapati. pengalaman organisasi juga sangat mendukung kapada keberhasilan kamu. seperti hal nya teman, hati-hati memilih organisasi. lihat visi misi organisasi tersebut apakah sesuai dengan cita-cita kamu?

Sesekali Refreshing

Menjalankan aktifitas kamus kadang terasa melelahkan dan jenuh, apapun itu kamu harus tetap semangat untuk kejar cita-cita kamu. salah satu menghilangkan rasa jenuh dan lelah, coba kamu refresh sejenak dengan cara kamu sendiri misalnya bermain dengan teman-teman kamu, hang out, dll.

Jangan Cepat Down

Dalam dunia kampus, memang akan sering terjadi masalah-masalah yang tidak terduga sebelumnya kamu akan menghadapi kesulitan-keseulitan. Tapi sebaik nya kamu tetap tenang dan fokus kepada cita-cita kamu. Anggaplah kesulitan itu sebagai pelatihan yang akan membuat kamu terus berkembang.

Rajin Berolah Raga

Faktor kesehatan merupakan hal terpenting dalam mengejar keberhasilan kamu, meskipun banyak agenda kampus yang harus diselesaikan, kamu harus selalu luangkan waktu kamu untuk berolah raga rutin.

Berlangganan via Email