Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sikap yang Harus Dihindari Saat Magang Agar Magang Sukses


Program magang ideal nya dimaksudkan untuk sarana pelatihan mahasiswa menjelang masuk kepada Dunia Kerja. Banyak kampus yang menyelanggarakan program magang bagi mahasiswanya. Umumnya kampus mengadakan magang hanya sekali saja berbeda dengan program magang di kampus IMWI, program magang diadakan setiap semester dengan sistematis dari mulai persiapan magang dan bahkan sampai dengan persiapan Akses Kerja. (Info mengenai IMWI bisa di KLIK DISINI).

Meskipun program magang ini didesain dengan bagus namun banyak mahasiswa yang gagal memanfaatkan program ini sebagai sarana belajar. berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat mahasiswa gagal dalam pelaksanaan perogram magang

Tidak Menganggap Program Magang Penting

Hal paling mendasar adalah saat kita menyikapi sesuatu hal termasuk menyikapi perogram Magang yang diberikan oleh kampus. Bagaimana kita menyikapinya? Apakah kita menyikapinya dengan rasa senang dan semangat? Apakah disikapi biasa saja atau bahkan dianggap tidak penting. saat kita menganggap itu tidak penting, maka program magang yang kita terimapun tidak ada gunanya. maka dari itu hendaknya kita harus sikapi dengan baik. Program Magang ini sangat penting dan bermanfaat bagi kita.

Bersikap Pasif 

Dalam pelaksanaan magang yang kita jalani, hendaknya kita harus besikap proaktif terhadap kegiatan atau tugas yang diberikan. jangan sampai kita bersikap pasif. ketika ada hal yang dirasa tidak bisa, tidak faham hendaknya kita bertanya kepada mentor atau pelatih kita saat magang. jangan dipendam yang membuat kita menjadi bingung sendiri dan tugas tidak terselesaikan dengan baik.

Tidak Ada Kemauan Untuk Belajar dari Kesempatan

Program magang merupakan program pelatihan dan merupakan kesempatan kita untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Jika kita tidak ada kemauan untuk belajar, program magang hanya akan menjadi beban bagi kita. pembelajaran saat magang tidak akan bisa kita dapatkan di dalam kelas. maka dari itu manfaatkan program magang dengan baik. kita tidak akan dapat apa-apa selama pelatihan magang jika kita tidak ada kemauan untuk belajar.

Tidak Ada Kemauan Untuk Bersosialisasi

Pada saat magang waktunya kita akan berhubungan dengan banyak orang terutama di bagian dimana kita ditempatkan magang. Kondisi ini menuntut kita untuk bisa bersosialisasi dengan baik dengan rekan-rekan kerja kita. jika kita tidak bisa bersosialisasi dan tidak ada kemauan untuk bersosialisasi maka ini cerminan kita bahwa ditempat kerjapun kita tidak akan berhasil.

Tidak Profesional

Perlu kita tahu, meskipun status kita sedang magang kita harus bersikap profesional, anggap kita sedang bekerja dan lakukanlan dengan profesional. Ketidak profesionalan kita akan dilihat negatif terlebih sikap kita akan terus terbawa sampai dunia kerja.

Tidak Menjaga kesehatan

Jangan anggap sepele mengenai kesehatan. Sepintar apapun sekreatif apapun kita sebagus apapun skill kita jika kesehatan kita tidak mendukung semuanya akan sia-sia. maka dari itu tetap selalu jaga kesehatan.

Berlangganan via Email