Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IKHLAS MENGERJAKAN SESUATU





“Wahai Jiwaku! Ikhlaslah maka engkau akan selamat.”
Itulah kalimat yang diucapkan para generasi salaf untuk diri mereka sendiri. Ikhlas karena Allah adalah inti ketaatan dan kunci diterimanya seluruh amal saleh serta penyebab datangnya pertolongan Allah dan petunjuk Allah. Pertolongan kepada mereka yang ikhlas dan jujur kepada Allah dalam keinginannya untuk melaksanakan kebaikan.

Allah Berfirman :
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada Nya dalam menjalankan agamamu yang lurus. (Al – Bayyinah (98): 5)”

Allah memperingantkan kita dari dampak berbahayayang akan menimpaorang yang taat namun bukan karena Allah. Misalnya berharap pujian dari manusia, mengejar pangkat, jabatan, reputasi atau kedudukan di mata manusia. Allah berfirman : ”Sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelum mu, ‘jika mempersekutukan Allah, niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (Az Zumar (39): 65)

Para pendahulu kita selalu memotivasi  agar ikhlas karena Allah semata dalam beramal.
“Baiknya amal itu tergantung pada baiknya hati, melakukan amal dengan ikhlas, niscaya hatinya akan jernih. Sebaliknya barang siapa melakukan amal dengan tidak  ikhlas, niscaya hatinya akan kotor.” (Mutharrif bin Asy-Syukhair)

“Ilmu itu tergantung kepada amal, sedangkan amal tergantung pada keikhlasan. Sementara itu keikhlasan karena Allah akan melahirkan pemahaman terhadap Allah.”
Sangat jelas sekali dari paparan diatas bahwa dalam melaksanakan segala sesuatu ata amal kebaikan, kita ditintuk untuk melakukannya dengan ikhlas. Amal yang bermanfaat adalah amal yang dilakukan dengan keikhlasan. Amal kebaikan yang kita sembunyikan dari orang-orang lain dan dirikita sendiri dengan memandang bahwa segala sesuatu yang kita lakukan adalah semata-mata karena Allah SWT dan memandang bawa semuanya adalah karunia Allah. 

Marilah kita perbaiki niatan kita. Niatan yang mengharap Ridho Allah semata untuk meraih pahala

Berlangganan via Email