Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Belajar Saat Menghadapi Ujian

 

Berikan waktu cukup untuk belajar

Jangan biasakan belajar di akhir-akhirmenjelang ujian. Sebagian besar dari siswa tampaknya selalu sibuk belajar pada menit-menit terakhir 'menjejalkan', ini bukanlah cara terbaik untuk menghadapi ujian. Tetapkan jadwal belajar kamu. Tuliskan jadwal-jadwal ujian kamu. Kemudian kemudian atur jadwal ujian kamu sesuai jadwal yang kamu tulis. Kamu harus luangkan waktu belajar lebih dibanding hari-hari biasa saat tidak ada ujian

Mengatur Waktu Belajar

Pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk menyebarkan buku dan catatan yang akan di buat. Apakah ruangan belajar kamu mempunyai pengcahayaan cukup? Apakah kursi nyaman?  Mencoba menyingkirkan semua gangguan, dan memastikan bahwa kamu merasa sebagai nyaman dan mampu untuk fokus. Bagi beberapa orang, ini mungkin membutuhkan keheningan; bagi yang lain, mungkin musik diperlukan. Sebagian dari kita membutuhkan segala sesuatu benar-benar rapi dan terorganisir untuk berkonsentrasi, sementara yang lainnya berkembang di lingkungan lebih berantakan. Pikirkan tentang apa yang sesuai untuk kamu supaya kamu tetep fokus dan nyaman.

Gunakan Flow Chart dan Diagram

 

Sarana bantu visual dapat sangat membantu ketika merevisi. Pada awal topik, mengharuskan diri kamu untuk mencatat pemahaman kamu dan catat apa yang belum difahami. Dekat ujian, buatlah catatan yang bisa membantu anda untuk mengingat seperti gunakan flow chart atau diagram.

 Latihan Soaal Ujian Versi Lama


Salah satu cara yang paling efektif untuk mempersiapkan ujian adalah berlatih di soal-soal versi lama. Ini membantu kamu terbiasa dengan format pertanyaan, ika kamu berlatih dengan soal-soal versi lama kamu akan dapat mengukur format soal apa yang belum difahami dan butuh berapa untuk menyelesaikan soal tersebut.

Jelaskan Jawaban Kamu ke Teman Lain 

Orang tua dan sedikit saudara dan saudari tidak harus mengganggu saat ujian! Jadikan mereka partner belajar kamu dengan menjelaskan jawaban dan pemahaman kamu kepada mereka. Yang akan membantu kamu adalah diri kamu sendiri, dengan memberikan pemahaman kamu kepada orang lain itu akan mempertajam pemahaman kamu.


Mengatur Belajar Kelompok Dengan Teman Kamu

Luangkan waktu dengan teman-teman untuk sesi belajar. kamu mungkin memiliki pertanyaan bahwa mereka sudah faham dan sebaliknya. Saat belajar kelompok dengan teman-teman kamu pastikan topik-topik apa yang akan dibahas berapa lama waktu  yang akan dipakai untuk belajar kelompok supaya belajar kamu bisa efektif dan efisien.

Ambil Waktu Istirahat Rutin

Meskipun kamu mungkin berpikir terbaik untuk waktu belajar kamu sepanjang waktu, ingat waktu istirahat rutin harus dijadwalkan.Setiap orang berbeda. Jika kamu bisa belajar di pagi hari coba mengambil waktu istirahat di siang hari. Atau jika kamu lebih produktif di malam hari, istirahat lebih besar sebelumnya sehingga kamu siap untuk menetap datang nya malam.


Sediakan Makanan dan Cemilan yang Menyehatkan


Jauhkan dari makanan junk! Apa yang kamu makan dapat benar-benar memiliki dampak pada tingkat energi dan fokus. Menjaga tubuh dan otak dengan memilih makanan bahkan cemilan yang bergigizi yang telah terbukti untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan memori, seperti ikan, kacang-kacangan, biji, yoghurt dan blueberry. Hal yang sama berlaku pada saat hari ujian - makan makanan yang baik sebelum ujian

Rencanakan Hari Ujian Kamu


Pastikan kamu sudah siap sebelum menghadapi ujian - jangan biarkan anda sibuk ssaat menit-menit menjelang ujian, termasuk peralatan yang harus kamu bawa. Periksa semua aturan dan persyaratan, pertimbangkan jarak tempuh menuju tempat ujian serta traffic di jalan. Datang lebih awal sebelum ujian dilaksanakan akan membantu kamu lebih merasa tenanag saat ujian 

Minum Banyak Air

Terakhir, ingat bahwa hidrasi yang baik sangat penting bagi otak kamu supaya bekerja yang terbaik. Pastikan kamu terus minum banyak air sebelum ujian jangan sampai kamu dehidrasi saat ujian

Berlangganan via Email