Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkenalan Dengan Skripsi





Tidak terasa ya sudah Semester Akhir. Selangkah lagi menuju kelulusan dan sudah saatnya mulai untuk membuat Karya Ilmiah berupa Skripsi. Sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa “Skripsi
Sebetulnya apa sih Skripsi itu?  Pertanyaan yang terlintas di benak mahasiswa.
Nah yuk kita lihat pengertian skripsi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Skripsi /skrip·si/ n karangan ilmiah yg wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya: ia menyusun -- selama hampir lima bulan. Berdasarkan pengertian diatas jadi Skripsi merupakan sebuah Karya Tulis Ilmiah yang harus dibuat oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai syarat untuk meraih Gelar Akademik “Sarjana” (S1). Bangga rasa nya ya di belakang nama kita tercantum gelar akademik. Coba tulis nama teman-teman dan cantumkan gelar akademik yang akan dicapai.
( ........................... , ....  )
Wah keren yah... hehehe

Nah sekarang apa sih tujuan membuat skripsi? Apa hanya sekedar mendapatkan gelar akademik? Gelar Akademik salah satunya sebetulnya ketika mahasiswa mampu menyusun dan menulis Skripsi maka mahasiswa dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Wah jadi Gelar Akademik yang kita raih itu ga sembarangan ya,,hehehe ada tanggung jawab besar ketika kita menyandang gelar Sarjana. Ilmu kita harus bermanfaat sampai akhir hayat kita.
Apakah Mahasiswa di Negara lain juga membuat Skripsi?
Sebelum ke Negara lain kita lihat istilah yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana (S1) hanya digunakan di Indonesia, untuk jenjang S2 disebut dengan tesis dan untuk jenjang S3 disebut disertasi. Berbeda dengan negara lain contoh nya di Amerika atau Inggris, istilah skripsi tidak ada. yang ada ialah istilah tesis dan disertasi.
Sekarang sudah tau dong skripsi itu apa? 

Sekedar tambahan, dalam proses pembuatan skripsi mahasiswa dibimbing oleh 1 atau 2 Dosen Pembimbing. Proses penyusunan skripsi berbeda-beda antara satu perguruan tinggi dengan yang lain. Namun pada umumnya, proses penyusunan skripsi adalah sebagai berikut
  • Pengajuan judul skripsi
  • Pengajuan proposal skripsi
  • Seminar proposal skripsi
  • Penelitian
  • Setelah penulisan dianggap siap dan selesai, mahasiswa mempresentasikan hasil karya ilmiahnya kepada Dosen Penguji (sidang tugas akhir).
  • Mahasiswa melakukan proses revisi sesuai dengan masukan Dosen Penguji.
Nah jadi ga perlu khawatir ya dalam pembuatan skripsi, teman-teman akan punya Dosen Pembimbing selain itu juga sebelum pembuatan skripsi teman-teman akan mendapatkan matakuliah penunjang skripsi seperti : Metode Penelitian, metode penulisan dan juga teman-teman akan diberikan buku panduannya.
  

Terus ikuti postingan selanjutnya y :)

Post a comment for "Berkenalan Dengan Skripsi"

Berlangganan via Email