Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEBELUM DAFTAR SNMPTN ATAU SBMPTN WAJIB BACA INI!!!


SEBELUM DAFTAR SNMPTN ATAU SBMPTN WAJIB BACA INI!!!
(Tes Peluang Kelulusan SNMPTN (TPK) 2015 MENYESATKAN dan MENJERUMUSKAN ANDA KEPADA PENGANGGURAN)




 “Pilih Jurusan dengan peluang % terbesar” itu adalah salah satu tips untuk diterima yang sering kita dengar. Saya katakan itu merupakan PENJERUMUSAN dan PENYESATAN kepada PENGANGGURAN TERDIDIK. Pemilihan jurusan tidak didasarkan atas besar atau tidak nya peluang. Hal ini merupakan hal yang sangat SALAH.


Saat saya mendapatkan selembaran mengenai “Bagaimana mengukur peluang kelulusan siswa dalam SNMPTN 2015?” disitu saya kadang merasa sangat sedih. Masalahnya adalah dalam selebaran tersebut calon mahasiswa diarahkan untuk memilih jurusan yang persentase peluang masuk besar. Mengapa hal tersebut saya katakan salah? Alasannya adalah bahwa akan jadi apa mahasiswa saat mahasiswa memilih jurusan yang tidak sesuai dengan karakter dan kepribadian yang dimiliki. Dampak saat mahasiswa memilih jurusan berdasarkan peluang masuk karena hanya ingin diterima di PTN : Menambah SARJANA PENGANGGURAN, Mahasiswa tidak akan bahagia menjalani kuliah







Kalau sudah seperti itu siapa yang akan tanggung jawab terhadap masa depan anak didik? Apakah PTN akan bertanggung Jawab???, Apakah Sekolah (Guru yang menyarankan) bertanggung Jawab???
Ironis sekali kondisi sangat biasa terjadi di kalangan pendidik di Indonesia. Mengorbankan masa depan siswa demi KUOTA PTN. Saat guru BK menjalankan hal ini sungguh sangat berdosa. PTN dan PTS ternama tidak dapat menjamin mahasiswa nya untuk dapat bekerja setelah lulus Sarjana. Hal itu pun sungguh sudah membebani Bangsa dengan munculnya sarjana pengangguran. Jangan lah ditambah dengan menyarankan Siswa untuk memilih jurusan sesuai dengan peluang bukan dengan karakter dan kpribadian siswa.

Lantas bagaimana solusi nya? Solusinya adalah pilihlah jurusan sesuai karakter dan kepribadian anda; pilihlah jurusan yang prospek ke depan dibutuhkan. Kalau sudah sesuai jurusan yang dipilih apakah terjamin akan langsung bekerja? Belum tentu! Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa PTN dan PTS ternama tidak dapat menjamin mahasiswa nya untuk dapat bekerja setelah lulus Sarjana. Terus bagaimana?? Saran selanjutnya pilih Perguruan Tinggi yang memberikan jaminan untuk bekerja. Apakah ada Perguruan Tinggi seperti itu?? Ada dong.. coba cek website ini www.imwi.ac.id . IMWI merupakan Perguruan Tinggi yang menjamin mahasiswa nya untuk dapat akses kerja sebelum lulus sarjana, Pengembangan karir setelah lulus sarjana serta mencetak para pengusaha. Itulah solusi-solusi yang bisa saya berikan buaat adik-adik semua agar tidak terjebak kedalam pengangguran.

BACA : Solusi Memilih Tempat Kuliah


 

Berlangganan via Email